Liga 1

Magis Rahmad Darmawan di Putaran Final Liga 1 Bikin Barito Putera Auto Juara?

Rabu, 19 Juli 2023 19:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Rahmad Darmawan pernah membawa Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC juara, selanjutnya giliran Barito Putera? Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Rahmad Darmawan pernah membawa Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC juara, selanjutnya giliran Barito Putera?

INDOSPORT.COM - Magis pelatih Rahmad Darmawan terasa ketika kompetisi memakai sistem putaran final, dan Barito Putera kini menjadi calon kuat juara Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Diketahui, kompetisi Liga 1 2023-2024 menggunakan format baru, di mana empat tim dengan poin tertinggi di klasemen, akan bermain di putaran final.

Format baru ini membuat empat tim terbaik akan saling beradu di akhir kompetisi, dan akhirnya tim yang paling konsisten meraih kemenangan akan keluar sebagai juara.

Ini bukanlah hal yang baru di sepak bola Indonesia. Format putaran final ini juga pernah ditemui pada era 2000-an silam.

Jika kembali mengingat era tersebut, salah satu pelatih yang paling sukses adalah Rahmad Darmawan atau yang lebih akrab disapa RD.

Rahmad Darmawan pernah membawa Persipura Jayapura menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia 2005. Saat itu liga memakai format dua grup, dan Persipura berada di wilayah Timur.

Persipura pun sukses menjadi pemuncak wilayah Timur dengan koleksi 46 poin, dan berhak melaju ke babak 8 besar bersama PSM Makassar, Persik Kediri, dan Persebaya.

Di wilayah Barat ada Persija Jakarta, Arema Malang, PSIS Semarang, dan PSMS Medan yang juga melenggang ke babak 8 besar.

Singkat cerita, Persipura Jayapura berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Persik Kediri, menang 1-0 atas Arema, dan lagi-lagi menang 1-0 atas PSMS Medan. Mutiara Hitam lolos ke final.

Pertarungan Persipura vs Persija Jakarta di babak final berlangsung sengit, tetapi skuad besutan Rahmad Darmawan keluar sebagai juara usai menang 3-2 saat perpanjangan waktu.

Rahmad Darmawan berhasil mengulangi kejayaannya saat membawa Sriwijaya FC juara Divisi Utama Liga Indonesia 2007-08.

Kala itu, Sriwijaya FC berhasil menjadi pemuncak klasemen wilayah Barat, dan melaju ke putaran final bersama Persija Jakarta, PSMS Medan, serta Persik Kediri.

Awalnya tak berjalan mulus, Sriwijaya FC bermain imbang 2-2 atas PSMS Medan. Namun di laga berikutnya, RD berhasil mencuri kemenangan 2-0 atas Arema.

Pada laga penentu, Sriwijaya FC hanya bermain imbang 0-0 melawan Persiwa Wamena. Namun skor itu cukup untuk membawa Charis Yulianto dkk maju ke semifinal.

Di babak semifinal, Sriwijaya FC berhasil memenangkan laga atas Persija Jakarta di Gelora Bung Karno dengan skor tipis 1-0, berkat gol tunggal Keith Kayamba Gumbs.

Beranjak ke babak final, Sriwijaya FC pun menaklukkan sesama tim Sumatera, PSMS Medan di Stadion Si Jalak Harupat dengan skor 3-1. Laskar Wong Kito keluar sebagai juara.

Kini, Rahmad Darmawan menukangi Barito Putera di Liga 1 2023-2024. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga membuat keputusan besar dengan menggunakan format putaran final untuk musim ini.

Sejauh ini, Rahmad Darmawan selalu beruntung membawa Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC menjadi juara, ketika liga menggunakan format putaran final.

Apakah Barito Putera juga akan ketularan magis Rahmad Darmawan? Tanda-tanda itu nampaknya sudah terlihat di pekan ketiga klasemen sementara Liga 1 2023-2024.

Saat ini Barito Putera menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1, dengan status tidak terkalahkan saat menghadapi Persita Tangerang, Persebaya, dan PSS Sleman.