In-depth

Masih Layakkah Donny van de Beek Manchester United Pertahankan?

Kamis, 20 Juli 2023 14:17 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Lee Smith
Donny van de Beek mencuri perhatian saat Manchester United menggelar uji coba pramusim mereka kontra Olympique Lyon pada Rabu (19/07/23) lalu. (Foto: Reuters/Lee Smith) Copyright: © Reuters/Lee Smith
Donny van de Beek mencuri perhatian saat Manchester United menggelar uji coba pramusim mereka kontra Olympique Lyon pada Rabu (19/07/23) lalu. (Foto: Reuters/Lee Smith)

INDOSPORT.COM - Donny van de Beek mencuri perhatian saat Manchester United menggelar uji coba pramusim mereka kontra Olympique Lyon pada Rabu (19/07/23) lalu.

Tampil di babak kedua sebagai subtitusi, gelandang asal Belanda tersebut mencetak gol semata wayang kemenangan Setan Merah pada menit ke-49.

Baik proses maupun gol itu sendiri terbilang luar biasa. Dari sisi kanan, Dan Gore melakukan keeping yang apik sebelum melepas crossing dengan elevasi tanggung untuk disambut Van de Beek dengan tembakan voli first time.

Kiper Lyon, Anthony Lopes, yang tampil bak kesetanan dengan melakukan lima penyelematan dipaksa untuk merelakan nirbobol-nya dalam laga yang berlangsung di Murrayfield Stadium, Eddinburgh, Skotlandia tersebut.

Van de Beek tampak tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya setelah gol tersebut tercipta. Meski hanya pertandingan pramusim, namun ia terlihat jelas sangat gembira.

Wajar mengingat sejak bergabung dengan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2020 silam, nasib Van de Beek selalu digelayuti kemalangan.

Dalam tiga musim baru ada 60 partai kompetitif yang dimainkan oleh pria 26 tahun tersebut dalam balutan kostum The Red Devils. Cedera dan ketidakcocokan dengan skema pelatih silih berganti jadi alasan kenapa ia harus absen.

Bahkan ketika mantan manajernya di Ajax Amsterdam yang sangat mempercayainya, Erik ten Hag, datang menangani Manchester United sejak awal 2022/2023 silam namun peruntungan seorang Donny van de Beek tidak kunjung berubah.

Santer dikabarkan jika pada bursa transfer musim panas 2023 ini sang pemain akan mencari klub baru dan pihak Manchester United pun tidak berniat untuk menghalanginya.

Van de Beek frustasi dengan tiga tahunnya yang terbuang sia-sia. Bahkan ia secara terbuka mengakui jika mentalnya terganggung karena semua yang dialami sejak pindah ke Inggris.

"(Gol ke gawang Lyon) rasanya luar biasa. Ini adalah pertandingan pertama saya dalam enam bulan terakhir. Anda sudah tahu pastinya betapa bahagianya saya bisa bermain lagi," beber Van de Beek pada MUTV.

"Cedera membuat saya dan keluarga mengalami periode sulit secara mental. Senang bisa bikin gol lagi namun itu bukanlah hal terpenting," tambahnya lagi.

Fans Manchester United sendiri senang melihat wajah Van de Beek kembali dihiasi senyuman lebar. Banyak yang merasa jika pemain kelahiran  Nijkerkerveen, Belanda, tersebut masih layak diberi kesempatan untuk membuktikan diri.

Toh kontraknya di Old Trafford masih tersisa cukup panjang. Ia belum akan habis masa baktinya sebelum Juni 2025.

Masalhnya saat ini Manchester United tengah berada dalam transisi besar-besaran di bawah Ten Hag usai di 2022/2023 lalu dianggap cukup sukses dengan memenangkan trofi Carabao Cup dan finis empat besar di Liga Inggris. Masihkan ada tempat untuk Van de Beek musim depan?.