In-depth

Terang-terangan Tawarkan Diri untuk Bergabung, Seberapa Butuh Barcelona akan Sosok Joao Felix?

Kamis, 20 Juli 2023 15:53 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/John Sibley
Joao Felix secara terbuka menyatakan intensinya untuk membela Barcelona pada bursa transfer musim panas 2023 ini. (Foto; Reuters/John Sibley) Copyright: © Reuters/John Sibley
Joao Felix secara terbuka menyatakan intensinya untuk membela Barcelona pada bursa transfer musim panas 2023 ini. (Foto; Reuters/John Sibley)

INDOSPORT.COM - Joao Felix secara terbuka menyatakan intensinya untuk membela Barcelona pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Di tengah masa depannya yang tidak menentu usai batal dipermanenkan Chelsea dan tidak lagi punya relasi yang baik dengan Atletico Madrid, sang bintang Portugal mengaku jika La Blaugrana adalah klub yang ia dambakan.

"Saya mau bermain untuk Barcelona. Mereka adalah selalu pilihan utama saya dan pastinya senang sekali jika bisa bergabung," beber Felix dalam wawancara ekslusif bersama Fabrizio Romano.

"Sejak kecil itu adalah mimpi saya. Apabila sampai menjadi nyata akan sangat luar biasa," tambah pemain 23 tahun tersebut.

Felix pada awalnya tidak ada dalam rencana Barcelona di bursa transfer musim panas 2023. Hanya saja pernyataan terbarunya membuat tuan dari Camp Nou tersebut sedikit tergerak.

Dilaporkan oleh jurnalis asal Spanyol Toni Juanmarti bahwa saat ini Barcelona sama sekali tidak punya biaya untuk mendatangkan Joao Felix dari Atletico Madrid baik itu sebagai pinjaman ataupun pembelian permanen.

Transfer jebolan akademi FC Porto dan Benfica itu baru bisa terlaksana apabila manajemen klub kebangaan warga Catalonia itu melakukan penjualan besar terutama dari sektor depan namun dalam waktu dekat sepertinya tidak akan jadi nyata.

Barcelona sendiri sangat mengapresiasi talenta dari Felix sehingga akan mencoba mengusahakan agar yang bersangkutan bisa mendarat di Camp Nou. Hanya saja seberapa butuh sebenarnya mereka akan sosok klien agen super Jorge Mendes tersebut?.

Bila bergabung dengan Barcelona, kemungkinan besar Joao Felix akan meramaikan persaingan lini depan yang sayangnya sudah cukup padat meski ia punya bekal pengalaman bermain di berbagai posisi.

Di tengah, saingan utamanya ada Robert Lewandowski yang musim lalu tampil sangat luar biasa dengan gelontoran 33 gol dan delapan assist dari 46 laga lintas ajang.

Andai ingin bersaing dengan para sayap, maka Felix harus berhadapan dengan Ansu Fati, Raphinha, Ferran Torres, Gavi, hingga Ousmane Dembele sekaligus.

Barcelona punya proyek masing-masing dengan keempat pemain tadi sehingga serta-merta menggeser mereka dari hierarki karena kedatangan Felix tidak akan semudah membalikkan telapak tangan.

Meski tipe pemain dengan flair dan kreativitas di atas rata-rata, sulit juga untuk mengkonversi Felix menjadi gelandang sentral.

Tidak kalah sesak dengan lini depan, barisan pemain tengah Barcelona pun juga sudah kebanjiran kualitas dengan adanya Frenkie de Jong, Pedri, Gavi, plus Oriol Romeu dan Ilkay Gundogan yang baru tiba.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Joao Felix akan menjadi surplus bagi skuad Barcelona yang musim lalu sudah mampu menjadi kampiun Liga Spanyol tanpanya.