In-depth

5 Fakta Menarik Duel PSS vs PSIS: Gali Freitas Bersinar, Wasit Dapat Sorotan

Jumat, 21 Juli 2023 19:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Laga pekan keemapt Liga 1 antara PSS Sleman vs PSIS Semarang berakhir imbang 2-2 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (21/7/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Laga pekan keemapt Liga 1 antara PSS Sleman vs PSIS Semarang berakhir imbang 2-2 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (21/7/23).

INDOSPORT.COM - Partai pekan keempat Liga 1 Indonesia 2023-2024 antara PSS Sleman vs PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Jumat (21/7/23), memberi suguhan yang menarik. Ada lima fakta yang menarik untuk dibahas.

Partai tim bertetangga ini berakhir dengan kedudukan 2-2. PSIS sempat dua kali memimpin lewat gol Carlos Fortes menit ke-24 dan Paulo Gali Freitas menit ke-57.

Namun, mentalitas tangguh dari PSS membuat kedudukan berimbang. PSS menyamakan kedudukan lewat Kei Sano menit ke-45+3 dan Jihad Ayoub menit ke-78.

Bahkan, PSS punya peluang untuk come back. Sialnya, penalti Kim Kurniawan jelang laga berakhir hanya membentur mistar gawang.

Berikut ini lima fakta yang dirangkum INDOSPORT tentang duel PSS Sleman vs PSIS Semarang. Simak ulasan berikut ini!

1. Gali Freitas Semakin Bersinar

PSIS Semarang boleh berbangga karena keputusan merekrut Paulo Gali Freitas berbuah manis. Bomber Timor Leste memberikan kontribusi yang luar biasa.

Total dalam empat penampilan, Gali Freitas mencatatkan dua gol dan satu assist. Catatan ini lebih baik dibandingkan winger Brasil, Vitinho, yang belum tampil sesuai ekspektasi.

Pelatih PSIS, Gilbert Agius,memuji performa Gali Freitas. Ia dan para pemain lain bisa menjalankan strategi sesuai instruksinya.

"Ya, Gali melakukan tugasnya dengan baik, seperti para pemain lainnya. Tapi tentang penampilannya di pertandingan ini, saya ingin melihat rekaman pertandingannya terlebih dahulu. Saya hanya ingin bilang 2-2 adalah hasil yang adil," ucap Gilbert Agius.

2. Keputusan Salah Wasit

Dalam laga ini, pengadil membuat keputusan salah yang merugikan PSS Sleman. Ternyata, gol Ricky Cawor yang dinyatakan offside seharusnya bisa disahkan.

Gol itu terjadi pada menit ke-42, saat PSIS memimpin 1-0 lewat Carlos Fortes. Sepakan jarak dekat Yevhen Bokhashvili dibelokkan Ricky Cawor yang berdiri tanpa kawalan.

Ternyata, posisi Cawor dianggap offside oleh hakim garis yang mengangkat bendera. Padahal, di garis pertahanan PSIS masih ada Fredyan Wahyu yang awalnya berupaya menutup Kei Sano memberi umpan ke Yevhen.

Keputusan salah dari wasit ini viral di media sosial karena diunggah akun instagram Sport Indosiar. Bomber Persib, David da Silva, mengirimkan emoticon 'menangis' atas video tersebut.