In-depth

Hitung-hitungan Ranking FIFA Timnas Indonesia Jika Bisa Kalahkan Turkmenistan

Jumat, 21 Juli 2023 20:06 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Argentina. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Argentina. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia berpotensi meroket di ranking FIFA jika mampu mengalahkan Turkmenistan di FIFA Matchday.

Timnas Indonesia akan kembali berpartisipasi pada pertandingan internasional resmi FIFA dalam tajuk FIFA Matchday edisi bulan September 2023 mendatang.

FIFA Matchday bulan September sendiri akan digelar mulai 04 hingga 12 September nanti. Turkmenistan dipilih menjadi lawan dari Skuad Garuda.

Tetapi pada kali ini timnas Indonesia hanya menjalani satu pertandingan FIFA Matchday saja, meski sebelumnya selalu melakoni dua kali uji coba.

PSSI memilih Surabaya, Stadion Gelora Bung Tomo untuk menjadi venue pertandingan yang akan digelar pada 08 September 2023. 

Melawan Turkmenistan bisa dimanfaatkan oleh para pemain timnas Indonesia untuk mendongkrak posisi mereka di ranking FIFA.

Sebab jika menang, Skuad Garuda bisa memperoleh 5,41 poin. Total timnas Indonesia akan mengumpulkan 1,052,87 poin di ranking FIFA, artinya akan naik tiga peringkat ke-147 dari 150 dunia.

Saat ini, timnas Indonesia bertengger di peringkat ke-150 dunia di ranking FIFA turun satu peringkat dari sebelumnya berada di urutan kie-149 dunia, sedangkan Turkmenistan berada di peringkat 138.

Hal itu karena mereka gagal meraih kemenangan di dua pertandingan uji coba sebelumnya melawan Palestina yang berakhir imbang 0-0, dan tunduk 2-0 dari Argentina.

Sempat muncul wacana kalau melawan Turkmenistan ini akan menurunkan para pemain timnas Indonesia U-23, untuk memaksimalkan potensi mereka.