In-depth

Efek Domino Kepergian Kylian Mbappe dari PSG, Juventus Ketiban Untung!

Sabtu, 22 Juli 2023 21:19 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Johanna Geron
Selebrasi Kylian Mbappe usai mencetak gol di laga Troyes vs PSG (08/05/23). (Foto: REUTERS/Johanna Geron) Copyright: © REUTERS/Johanna Geron
Selebrasi Kylian Mbappe usai mencetak gol di laga Troyes vs PSG (08/05/23). (Foto: REUTERS/Johanna Geron)

INDOSPORT.COM - Kepergian Kylian Mbappe dari klub Liga Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas berpotensi ada efek domino.

Beberapa waktu lalu, klub raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), menjadi sensasi usai menawari Kylian Mbappe kontrak dengan nilai dan durasi yang tak masuk akal.

PSG mencoba meyakinkan pemain AS Monaco tersebut untuk bertahan dengan kontrak berdurasi 10 tahun senilai 1 miliar euro atau sekitar Rp16,7 triliun.

Kontrak tersebut cukup fenomenal karena jika Kylian Mbappe menerimanya, ia akan berada di PSG hingga usia 34 tahun, usia di mana kebanyakan pemain sepak bola mengalami penurunan performa.

Namun, belakangan beredar kabar jika Kylian Mbappe menolak kontrak fenomenal tersebut. Hal ini, menurut juru transfer kenamaan, Fabrizio Romano, membuat PSG merasa terkhianati.

"Lebih banyak (informasi) tentang Mbappe. PSG merasa dikhianati karena mereka menduga Kylian telah mencapai kesepakatan dengan Real Madrid untuk bisa pergi dengan gratis," cuit Fabrizio Romano.

"Padahal, sebelumnya Mbappe mengatakan bahwa ia tak ingin meninggalkan PSG dengan gratis. Paris tidak mau "dilumpuhkan" oleh permintaan pada satu pemain," ujarnya.

Situasi ini membuat PSG murka. Mereka resmi memasukkan Kylian Mbappe ke dalam daftar jual untuk bursa transfer mulai Sabtu (22/07/23). Sebab jika tidak dijual sekarang, ia akan pergi secara gratis tahun depan.

Artinya bagi klub yang berminat kepada bomber berusia 24 tahun tersebut berpeluang membawanya musim panas ini. Real Madrid adalah salah satunya.

El Real memang sudah sejak musim panas tahun lalu dikaitkan dengan Mbappe, apalagi saat ini mereka memang membutuhkan striker haus gol setelah Karim Benzema pergi ke Liga Arab Saudi.

PSG kabarnya membanderol Mbappe senilai 100 juta euro, turun harga dari awalnya mencapai 200 juta euro. Perubahan harga itu berpotensi untuk Real Madrid bergerak cepat mengamankannya.

Seandainya Kylian Mbappe ke Real Madrid, maka akan ada efek domino yang terjadi di bursa transfer musim panas kali ini. Di antaranya dana hasil penjualan Mbappe akan digunakan Les Parisiens mencari penyerang baru.

Nama Dusan Vlahovic masuk dalam radar mereka. Juventus sendiri terbuka dengan penjualan stiker asal Serbia itu. Menurut laporan Foot Mercato, kans PSG memboyongnya pun bakal terbuka lebar, karena kedua belah pihak sudah mencapai kata sepakat secara verbal.

Dalam laporan tersebut dijelaskan, Vlahovic akan dikontrak dengan durasi panjang. Lima tahun lamanya, dengan biaya transfer 90 juta euro.