Liga Italia

Guiseppe Rossi: Sempat Menawan di Manchester United Lalu Pensiun di Klub Antah Berantah Liga Italia

Minggu, 23 Juli 2023 15:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Giuseppe Rossi saat berseragam Manchester United Copyright: © INDOSPORT
Giuseppe Rossi saat berseragam Manchester United

INDOSPORT.COM - Eks penyerang timnas Italia, Giuseppe Rossi resmi mengumumkan pensiun pada usia 36 tahun. Dia berkarier sebagai pemain profesional selama 19 tahun.

"Hari ini saya mengumumkan pensiun dari olahraga yang indah ini," kata Rossi dilansir dari akun Instagram-nya.

“Saya selalu bersyukur telah menjadi bagian dari ini. Mimpi saya menjadi kenyataan," imbuhnya.

Rossi mengakui, perjalanan karirnya tidak selalu mulus. Yang paling apakah adalah rentetan cedera yang tidak bisa ia gambarkan.

Meski demikian, eks Villarreal itu menegaskan tidak pernah berhenti bermimpi, ketika berbagai rintangan mencoba menghalangi mimpinya. Itu yang membuatnya kuat hingga hari ini.

Rossi juga mengucapkan terima kasih mendalam untuk Timnas Italia, Villarreal, Fiorentina, Parma, Manchester United, Genoa, Newcastle United, Celta Vigo, Levante dan SPAL yang telah memberinya kesempatan bermain.

Meski berkebangsaan Italia, Rossi ternyata lahir di New Jersey, Amerika Serikat. Dia baru pindah ke Italia pada usia 12 tahun untuk bergabung ke akademi Parma.

Saat usianya 17 tahun, Manchester United merekrutnya atau pada tahun 2004. Bakatnya sempat dibandingkan dengan legenda Italia, Alessandro Del Piero berkat kecepatan, teknik, umpan, dribbling dan finishing mematikan.

Dia mencatatkan debutnya bersama tim utama Setan Merah pada November 2004 di Piala Liga.

Debutnya di Premier League terjadi pada Oktober 2005 melawan Sunderland. Ketika itu, Rossi mencetak gol, sembilan menit setelah menggantikan Ruud van Nistelrooy.