Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-17 Cari Bek Seperti Alessio Romagnoli di Jateng dan DIY

Minggu, 23 Juli 2023 16:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Rully Nere bersama Budi Sudarsono saat menyeleksi para pemain proyeksi Timnas Indonesia U-17 di Solo Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Rully Nere bersama Budi Sudarsono saat menyeleksi para pemain proyeksi Timnas Indonesia U-17 di Solo

INDOSPORT.COM - Sebanyak 300-an pemain muda Jawa Tengah dan DIY mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17 di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (23/07/23). Satu posisi khusus yang diincar adalah bek tengah dengan kemampuan kaki kidal.

300 peserta itu dipantau oleh direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, bersama talent scouting, seperti Rully Nere dan Budi Sudarsono, hadir di Solo.

Bakat-bakat ini dipantau untuk mencari opsi lain, selain 34 nama yang sudah menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Selain Solo, PSSI sudah berkeliling ke Jakarta, Bandung, Palembang dan Bali.

300-an peserta dengan kualifikasi khusus itu dilihat bakatnya melalui internal game. Jika ada yang istimewa, pemain tersebut bakal dipanggil untuk gabung TC Timnas U-17 di Jakarta.

Indra Sjafri mengatakan, penjaringan di setiap kota tak ditentukan kuota khusus. Tim talent scouting memilih pemain berdasarkan kualitas setiap individu.

"Dasarnya kualitas, jadi tidak ada berapanya (angka pasti). Di Bali ada sebelas, Bandung ada empat, Palembang ada dua dan Jakarta kemarin ada tiga," kata Indra Sjafri, Minggu (23/07/23).

Peserta yang mengikuti seleksi di Kota Solo merupakan bakat-bakat terbaik dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Saya yakin di Jawa Tengah (termasuk DIY), terkenal banyak pemain usai muda, makanya saya ingin lihat," jelas Indra Sjafri.

Dari ratusan peserta yang ikut seleksi, Indra Sjafri membocorkan bahwa tim talent scouting mencari bek tengah berkaki kidal. Di kota-kota sebelumnya, posisi dengan kemampuan khusus ini sangat sulit didapatkan.

Di sepak bola internasional, salah satu nama yang kerap disanjung adalah bek Timnas Italia, Alessio Romagnoli. Bek 28 tahun ini sempat lama jadi andalan AC Milan sebelum kemudian menjadi bagian Lazio.