Liga 1

Resmi Jamu Arema FC di Sriwedari, Panpel Persis Solo Gerak Tambah Fasilitas

Rabu, 26 Juli 2023 15:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Sriwedari Solo jadi opsi utama venue Persis Solo vs Arema FC di Liga 1. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Sriwedari Solo jadi opsi utama venue Persis Solo vs Arema FC di Liga 1. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo mengumumkan secara resmi penggunaan Stadion Sriwedari Solo untuk menjamu Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2023-2024, Minggu (30/07/23). Panpel Persis Solo gerak cepat melakukan penambahan fasilitas.

Persis Solo terpaksa pulang ke kandang pertama yang digunakan sejak 1930-an lalu. Stadion Sriwedari jadi opsi kedua lantaran Stadion Manahan digunakan untuk konser musik Dewa 19 pada 29 Juli 2023.

Pengumuman resmi dilakukan pada Selasa (26/07/23), setelah Persis Solo merampungkan perizinan ke beberapa pihak terkait, terutama pihak keamanan dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Awalnya, Persis Solo mengajukan perubahan hari pertandingan. Namun, hal itu tak setujui PT LIB. Kemudian, LIB merestui keinginan Laskar Sambernyawa memakai Stadion Sriwedari dan mengubah waktu kick off dari 19.00 WIB menjadi 15.00 WIB.

Laga ini akan digelar tanpa penonton mengingat struktur tribune utara, timur dan selatan belum tersentuh renovasi. Pagar pembatas antara tribune penonton dan lapangan juga sudah lama dilepas.

"Pengajuan kedua untuk perubahan venue dan waktu pertandingan yang disetujui dengan nomor referensi: Sket.0001/PSS/VII/2023 SP.0002/Team/PSS/VII/2023, yang menyatakan bahwa kick-off PERSIS vs Arema memilki jadwal baru, yaitu: 30 Juli 2023, pukul 15:00 WIB di Stadion Sriwedari," demikian pernyataan resmi Persis Solo di laman resminya.

Bila bicara kualitas lapangan dan ruang ganti, Stadion Sriwedari sudah memenuhi syarat menjadi venue Liga 1. Apalagi tim dari LIB sudah pernah melakukan verifikasi stadion.

Stadion Sriwedari memenuhi syarat karena pernah direnovasi Kementerian PUPR untuk proyeksi stadion pendamping Piala Dunia U-20 2023.

Hanya saja, penambahan fasilitas tetap dilakukan Panpel Persis Solo agar lebih nyaman untuk seluruh orang yang terlibat di laga pekan kelima Liga 1 2023-2024.

Ketua Panpel Persis Solo, Ginda Ferachtriawan, mengatakan penambahan fasilitas ini meliputi fasilitas ruangan dan di area sekitar stadion.

"Kita lakukan penambahan bangku di setiap ruangan, penambahan AC di ruangan yang belum terpasangi AC, penambahan pagar pembatas di luar serta pemasangan steger untuk kebutuhan broadcast," jelas Ginda Ferachtriawan.

Panpel Persis Solo juga berkoordinasi dengan pengelola terkait pemeliharaan rumput. Ginda memastikan lapangan siap digunakan Alexis Messidoro dkk. beraksi.

"Rumput sudah dilakukan perawatan secara rutin. Kalaupun ada satu titik yang terlihat menguning (belakang garis lapangan sisi utara), itu hanya soal penyiramannya saja, tapi secara keseluruhan pengelola memastikan siap," ucap Ginda.

Koordinasi mengenai pelaksanaan pertandingan ini sudah dilakukan beberapa kali. Namun, finalisasi dengan pihak keamanan, pemerintah kota dan beberapa pihak terkait akan dilakukan pada Jumat (28/07/23).

"Persiapan akhir secara keseluruhan akan dibahas hari Jumat nanti, tapi sebelum itu sudah dilakukan rapat koordinasi," papar Ginda.

Gelar Nonton Bareng

Untuk mengobati kekecewaan suporter karena laga melawan Arema FC berstatus tanpa penonton, Persis Solo berupaya menggelar acara nonton bareng.

Belum diketahui titik-titik mana saja yang akan digunakan untuk nonton bareng. Namun besar kemungkinan salah satu titik itu akan berada di depan Balaikota Surakarta, menggunakan videotron milik Bank BNI.

"Persis Solo tengah mengupayakan untuk menggelar acara nonton bersama guna sedikit mengobati kekecewaan, dan informasi lebih lanjut akan diberitahukan melalui kanal sosial media Persis Solo," statement resmi Persis Solo.

Selama masa persiapan melawan Arema FC, Persis Solo tak berlatih di Stadion Sriwedari. Pada hari Selasa (25/07/23), Persis Solo terlihat melakukan latihan di Lapangan Kottabarat.

Di sesi latihan itu terlihat Jaimerson Xavier sudah ikut latihan. Jaime sempat absen dua laga karena mengeluhkan sakit pada paha kanannya.