Timnas Indonesia

3 Fakta Arkhan Kaka, Permata Persis Solo yang Dicoret Timnas Jelang Piala Dunia U-17

Jumat, 28 Juli 2023 06:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Fakta seputar Arkhan Kaka, permata Persis Solo yang dicoret saat seleksi Timnas Indonesia U-17, padahal Piala Dunia U-17 2023 sudah di depan mata.

Piala Dunia U-17 tahun ini dijadwalkan pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Ada 24 tim yang akan bertanding berebut trofi bergengsi, salah satunya Timnas Indonesia.

Namun, persiapan Timnas Indonesia U-17 terkesan lambat. Saat ini pelatih Bima Sakti masih berkeliling ke berbagai daerah untuk melakukan scouting dan seleksi pemain.

Di sisi lain, beberapa alumni Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022 memang sudah dipanggil untuk mengikuti seleksi di Jakarta.

Pemain jebolan Timnas U-16 mengikuti seleksi bersama pemain lainnya yang dinilai berkualitas, ditambah dengan para pemain diaspora yang menimba ilmu di luar negeri.

Setelah memantau seleksi dan evaluasi, pelatih Bima Sakti malah mencoret salah satu jebolan Timnas U-16 yang kini sudah menjalani debutnya di Liga 1, Arkhan Kaka.

"Kalau dia tidak bekerja keras, tak memiliki mental kuat, dan tidak punya kedisiplinan yang tinggi, pasti susah bersaing," buka-bukaan Bima Sakti, dikutip dari situs resmi PSSI.

Namun, Bima Sakti juga meluruskan bahwa Arkhan Kaka bukannya dicoret dari seleksi Timnas, melainkan dipulangkan ke Persis Solo usai mengikuti serangkaian tes wajib di Jakarta.

"Kami kemarin sudah komitmen dengan Persis bahwa Kaka akan kami panggil dua minggu TC, itu sangat penting buat Kaka dan buat pemain yang lain karena di awal TC kan kami melakukan beberapa tes."

"Jadi, dia harus melewati itu dulu, hasilnya sudah ada, dan setelah dua minggu, kami kembalikan ke klub," tukas Bima Sakti.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga fakta menarik tentang Arkhan Kaka.