In-depth

3 Momen Ricky Kambuaya Ngamuk, Dari Piting Leher Nadeo Sampai Seruduk Bench Bali United

Senin, 31 Juli 2023 05:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Ada tiga momen tak terlupakan tentang Ricky Kambuaya yang terpancing emosi dan mengamuk di lapangan hijau, terkini saat menghadapi Bali United. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Ada tiga momen tak terlupakan tentang Ricky Kambuaya yang terpancing emosi dan mengamuk di lapangan hijau, terkini saat menghadapi Bali United.

INDOSPORT.COM - Ada tiga momen tak terlupakan tentang Ricky Kambuaya yang terpancing emosi dan mengamuk di lapangan hijau, terkini saat menghadapi Bali United.

Ricky Kambuaya merupakan pesepak bola kelahiran Sorong, Papua Barat, yang saat ini bermain untuk klub Liga 1 Dewa United FC. Ia piawai bermain sebagai gelandang.

Tak hanya bermain apik di level klub, Ricky Kambuaya juga otomatis menjadi langganan dipanggil ke Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong.

Namun, selain permainannya yang brilian, ada satu hal yang melekat dalam diri Ricky Kambuaya, yakni sikapnya yang emosional dan kerap membuat keributan di lapangan.

Berikut ini INDOSPORT merangkum tiga momen tak terlupakan yang menyorot aksi tak terpuji Ricky Kambuaya.

1. Seruduk Bench Bali United

Momen ini baru saja terjadi di laga pekan ke-5 Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Dewa United, Sabtu (30/7/23), bertempat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Jelang detik-detik akhir pertandingan, dan Dewa United tertinggal 1-3, Ricky Kambuaya terlihat sudah pasang badan dan berdiri di depan bench pemain Bali United. 

Tepat setelah wasit meniup peluit panjang di akhir pertandingan, Ricky Kambuaya langsung menyeruduk area pemain Serdadu Tridatu, dan ia diduga membidik Jefferson.

Banyak yang menduga jika Ricky terpancing emosi karena mendengar kata-kata yang tak pantas, sehingga ia langsung menyerbu bench Bali United.

2. Ricky Kambuaya vs Nadeo Argawinata

Saat masih berseragam Persib Bandung, Ricky Kambuaya juga terlibat perseteruan dengan kiper Bali United saat itu, Nadeo Argawinata, di pekan ke-6 Liga 1 2022/23.

Padahal pemicu pertikaian Ricky Kambuaya dan Nadeo Argawinata bukan berasal dari mereka sendiri, melainkan dari benturan antara Daisuke Sato dan Brwa Nouri.

Nadeo berteriak pada Daisuke Sato di depan wajahnya, sehingga Ricky bereaksi dan memukul kepala sang kiper. Ia pun melingkarkan lengannya di leher Nadeo, seperti sedang memiting.

Wasit Muhammad Erfan Effendi pun harus mengeluarkan kartu kuning untuk Ricky dan Nadeo. Tapi karena Nadeo sudah mendapat kartu kuning sebelumnya, ia pun diusir dari lapangan.

3. Timnas Indonesia Digembosi Thailand 

Semifinal cabor sepak bola SEA Games 2021 antara Timnas Indonesia vs Thailand juga menjadi rekam jejak yang kurang baik bagi Ricky Kambuaya yang mendapat kartu merah.

Hal ini berawal dari Patrik Gustavsson yang berlari menerobos pertahanan, Firza Andika coba menghentikannya dengan menendang perut pemain Thailand itu karena sudah injury time.

Pelanggaran itu membuat Firza Andika diganjar kartu merah langsung. Bentrok antar pemain akhirnya pecah setelah Rachmat Irianto melempar bola ke kepala pemain Thailand.

Irianto dan Ricky Kambuaya diusir keluar lapangan, karena Ricky terpantau menahan kepala pemain Thailand dengan lengannya.