Liga 1

Persik Kediri Intip Secuil Peluang Raih Poin di Markas PSM Makassar

Rabu, 2 Agustus 2023 18:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Persik Kediri
Persik Kediri dihadapkan pada situasi sulit saat menantang PSM Makassar, pada jadwal pekan ke-6 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora B.J Habibie Parepare, Kamis (3/8/23). Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri dihadapkan pada situasi sulit saat menantang PSM Makassar, pada jadwal pekan ke-6 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora B.J Habibie Parepare, Kamis (3/8/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri dihadapkan pada situasi sulit saat menantang PSM Makassar, pada jadwal pekan ke-6 Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora B.J Habibie Parepare, Kamis (3/8/23).

Tim berjulukan Macan Putih dituntut untuk segera bangkit pasca mengalami penurunan performa, sejak menumbangkan Arema FC 5-2 (15/7/23) lalu.

Setelah itu, performa Arthur Irawan dkk merosot drastis. Dimulai saat kalah 0-3 di markas Dewa United (21/7/23) dan dikalahkan Persib Bandung 1-2 (28/7/23).

Sehingga, laga melawan PSM Makassar menjadi kans terbaik bagi Persik Kediri dalam mendulang angka. Tapi yang jelas, tugas itu tak akan mudah.

"Kami menilai laga kontra PSM Makassar sangat penting setelah kalah di home," ucap Pelatih Persik, Marcelo Rospide dalam pre-match press conferrence Rabu (2/8/23).

PSM Makassar memang dikenal sebagai tim jago kandang dan bagi tim lain, rasanya tak mudah untuk membawa pulang poin dari Parepare.

Terlebih, Persik Kediri juga punya pengalaman serupa pada musim 2022/2023 lalu. Pada putaran dua, Persik takluk 1-2 di markas PSM (19/2/23) lalu.

Kendati demikian, peluang Persik untuk mencuri poin tak lantas tertutup. Apalagi jika mengacu performa tim berjulukan Juku Eja yang tak mulus di awal musim.

PSM pernah kehilangan 3 angka imbas kekalahan 1-2 menjamu Dewa United (8/7/23). Kendati mereka kemudian bangkit dengan melumat Persib Bandung 4-2 (22/7/23).

"PSM punya catatan cukup bagus setiap kali bertanding di kandang. Tapi kami akan bermain sebaik mungkin dan meraih satu poin," tambah Marcelo.

Sayangnya, misi bangkit yang diusung Persik Kediri tampak tak meyakinkan jika mengacu pada kondisi tim yang bisa dibilang tak ideal saat ini.

Anderson Nascimento dkk dipastikan tampil tanpa kekuatan terbaik, imbas sejumlah pemain yang mesti absen dengan beberapa sebab.

Yang pasti, Renan Silva harus menepi akibat kartu merah. Lalu Kurniawan Kartika Ajie dan Simen Lyngbo yang juga absen karena memulihkan cedera.

"Kami harus menghadapi situasi ini lagi. Tapi kami juga harus mencari solusi tepat atas absennya sejumlah pemain penting," ujar Marcelo Rospide.

Ditambah lagi, energi Tim Macan Putih juga sudah tergerus setelah menempuh perjalanan panjang dari Kediri menuju away ke Parepare, Sulawesi Selatan.

Praktis, situasi ini cukup sulit bagi Marcelo Rospide dalam menyusun kekuatan terbaiknya saat menghadapi PSM Makassar pada Kamis (3/8/23) besok.

"Kami tiba setelah menempuh perjalanan panjang (Selasa) kemarin. Dan tidak ada banyak waktu untuk menggelar program latihan," bilang Marcelo.

"Tapi kami harus menghadapi situasi ini, dengan berusaha tampil maksimal. Kami akan berusaha mencuri poin," pungkas pelatih kebangsaan Brasil tersebut.