Liga 1

Gelandang Timnas Gabon Levy Madinda Bisa Debut Bela Persib Lawan Bali United

Kamis, 3 Agustus 2023 13:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Levy Clement Madinda, saat dikenalkan manajemen di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (31/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Levy Clement Madinda, saat dikenalkan manajemen di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (31/07/23).

INDOSPORT.COM - Gelandang anyar Persib Bandung, Levy Clement Madinda, berpeluang langsung menjalani debut di Liga 1 Indonesia 2023-2024 saat menghadapi Bali United, Kamis (3/8/23) nanti malam.

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, Levy Madinda memang baru bergabung dan berlatih bersama rekan setimnya pada Senin (31/7/23), tapi secara keseluruhan kondisinya tergolong bugar.

"Levy Madinda baru bergabung Senin lalu, 15 hari ke belakang dia habis melaksanakan pertandingan terakhir di Liga Super Malaysia. Semua tidak ada masalah, kondisi bagus dan tidak ada injury," kata Yaya Sunarya. 

Yaya menila, Madinda bisa cepat beradaptasi dengan rekan-rekannya di skuad Maung Bandung. Pasalnya, sebelumnya dia sudah mengikuti akun media sosial Persib.

Selain itu, Madinda sudah mengenal beberapa pemain Persib, sehingga gelandang yang sempat memperkuat timnas Gabon ini tidak kesulitan untuk beradaptasi dengan skuad Maung Bandung.

"Kemudian dia mulai beradaptasi dan terbantu karena follow Instagram klub dan mengenal beberapa pemain kami. Dia cukup cepat beradaptasi dengan mengenal nama beberapa pemain seperti itu bagus," ucap Yaya.

Meski memiliki peluang untuk tampil pada pertandingan menghadapi Bali United, Yaya bersama staf pelatih lainnya akan melihat kembali kondisi kebugaran dan kesiapan pasukannya.

Sehingga, pemain yang masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) kontra Bali United, merupakan pemain yang kondisinya bugar dan siap tempur.

"Tapi tentu semua pemain punya peluang untuk bermain termasuk Levy Madinda," jelas pengganti sementara Luis Milla sebelum Bojan Hodak mendarat di Indonesia itu. 

Sebelumnya, Madinda mengatakan, sebagai pemain sepak bola profesional dia siap untuk menjalani debutnya di Liga 1 2023-2024 menghadapi Bali United, meskipun baru bergabung dengan Persib beberapa hari.

Meski demikian, Madinda menilai keputusan bermain atau tidaknya pada pertandingan nanti ada di tangan pelatih. Namun, yang pastinya dirinya sudah siap jika mendapatkan kepercayaan untuk bertanding.

"Saya siap, tapi saya bukan pelatih (menentukan susunan starter Persib," cetus pemain yang sempat memperkuat timnas Gabon ini.

Madinda menilai, Persib memiliki modal yang bagus untuk menghadapi Bali United, pasalnya di laga sebelumnya pada pekan kelima Liga 1 2023-2024 skuad Maung Bandung berhasil meraih kemenangan.

Kemenangan tersebut didapat tim kebanggaan Bobotoh usai menaklukkan tuan rumah Persik Kediri 1-2 di Stadion Brawijaya, Jumat (28/07/23).

Hasil di Kediri tersebut menurut Madinda, bakal menambah motivasi dan kepercayaan pemain. Apalagi, kemenangan itu menjadi tiga poin perdana bagi tim kebanggaan Bobotoh di Liga 1 2023-2024.

"Di laga sebelumnya kami berhasil memenangkan pertandingan dan itu sangat penting bagi pemain, bagus untuk kepercayaan diri dari pemain," ungkapnya.

Pemain berusia 31 tahun ini merasa optimistis skuad Maung Bandung bisa kembali meraih hasil maksimal di kompetisi Liga 1 2023-2024 setelah menaklukkan Persik.

"Saya rasa ketika sudah meraih kemenangan dari satu tim, ada motivasi untuk meraih kemenangan kedua. Mengenai saya akan main atau tidak itu wewenang dari pelatih dan jika diminta bermain, saya siap memberikan yang terbaik," tegasnya.