In-depth

Profil Robert Sanchez, Calon Nomor 1 Baru Chelsea yang Punya Jalan Karier Tak Biasa

Sabtu, 5 Agustus 2023 07:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Phil Noble
Chelsea akan segera meresmikan perekrutan kiper internasional Spanyol, Robert Sanchez, sebagai pembelian keenam mereka di bursa transfer kali ini. (Foto: REUTERS/Phil Noble) Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Chelsea akan segera meresmikan perekrutan kiper internasional Spanyol, Robert Sanchez, sebagai pembelian keenam mereka di bursa transfer kali ini. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Chelsea akan segera meresmikan perekrutan kiper internasional Spanyol, Robert Sanchez, sebagai pembelian keenam mereka di bursa transfer kali ini.

Menurut bocoran dari Fabrizio Romano, sang peain kini sudah menyelesaikan tes medis dan tinggal menantikan detil kecil untuk diselesaikan.

Belum diketahui kapan pengumuman resmi dari Chelsea untuk Sanchez akan dilakukan namun yang jelas tidak akan lama lagi.

Yang jelas London Biru baru saja mendapatkan pemain berkualitas dengan harga tergolong murah meriah.

Hanya 20 juta Poundsterling saja yang perlu mereka bayarkan pada Brighton & Hove Albion yang merupakan rival mereka di Liga Inggris.

Sangat jarang The Seaguls mau melepas salah satu pemain kunci mereka dengan harga begitu miring. Klausul bonus 5 juta Poundsterling pun tidak membuat banderol Sanchez menjadi terlihat mahal.

Robert Sanchez boleh dibilang memiliki jalur karier yang tidak biasa sebelum akhirnya bergabung bersama Chelsea.

Lahir dari ayah berdarah Jamaika dan Inggris serta ibu yang asli Spanyol pada 18 November 1997, Sanchez tumbuh besar di Cartagena yang termasuk dalam wilayah otonomo Murcia.

Itulah kenapa ia memulai karier sepakbolanya bersama kesebelasan lkal seperti Escuela de Fútbol de Santa Ana, Cartagena FC, dan Ciudad Jardín.

Setelahnya Sanchez baru terjaring oleh pengamatan klub yang lebih mapan yakni UD Levante dimana ia belajar di sana selama tiga tahun sejak 2010 hingga 2013.

Sacnhez bukanlah kiper yang dipandang berbakat di awal kariernya mengingat dirinya tidak pernah dipanggil ke tim nasional junior Spanyol di level manapun.

Meski demikian fakta tersebut tidak lantas membuat pemandu bakat dari Brighton & Hove Albion ragu pada kemampuannya bermain di bawah mistar gawang.

Pada bursa transfer musim panas 2013 mereka yang kala itu masih berstatus sebagai tim kasta kedua Liga Inggris, Championship, merekrut Sanchez dengan harga yang tidak diumumkan.

Kala itu usianya masih 15 tahun namun dalam tempo dua musim Brighton sudah dibuat terkesan olehnya sehingga kontrak profesional kemudian disodorkan.

Untuk bisa berkembang menjadi pemain yang lebih baik, Brighton kemudian mengirimkan Sanchez ke klub peminjam agar mendapat menit bermain yang cukup. Forest Green Rovers (2018/2019) dan Rochdale (2019/2020) adalah dua tim yang sempat disinggahinya.