Liga 1

Gustavo Almeida Bertekad Bawa Arema FC Keluar Dari Krisis Poin

Selasa, 8 Agustus 2023 22:04 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© MO Arema FC
Pemain Arema, Gustavo Almeida memprotes pada laga pekan kedua Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Jumat (07/07/23). Copyright: © MO Arema FC
Pemain Arema, Gustavo Almeida memprotes pada laga pekan kedua Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Jumat (07/07/23).

INDOSPORT.COM - Arema FC sudah berulang kali menegaskan keinginan untuk bangkit dari keterpurukan, lantaran mulai berada di papan bawah klasemen Liga 1 2023/2024.

Berulang kali pula upaya itu gagal, baik karena hasil seri atau kalah. Kini, saatnya bagi tim berjulukan Singo Edan untuk kembali meraup poin secara maksimal.

Kesempatan itu terbuka saat Arema FC menjajal tuan rumah PSIS Semarang pada lanjutan jadwal pekan ke-7 Liga 1 di Stadion Jatidiri, Rabu (9/8/23).

"Saya harap kami mendapatkan hasil bagus pada pertandingan (lawan PSIS, Rabu) besok," Gustavo Almeida membuka sesi pre-match press conferrence, Selasa (8/8/23).

Striker asing kebangsaan Brasil ini tahu betul bagaimana situasi sulit yang kini menerpa Arema FC. Berada di papan bawah, jelas menghadirkan tekanan psikologis.

Hal itu membuat tuntutan untuk selalu meraih kemenangan, terus muncul dalam setiap laga. Tapi sebagai pesepak bola profesional, Gustavo bisa mengerti.

"Saya tahu ini menjadi momen yang kurang baik untuk tim. Tetapi, kami semua percaya dengan pelatih," top skorer sementara Liga 1 dengan 7 gol itu menuturkan.

"Kami selalu melakukan evaluasi di setiap waktu. Kami juga bersiap sebaik mungkin menatap laga melawan PSIS," imbuh dia.

Bahkan, Arema FC yang sejauh ini baru mengemas 2 poin, juga sudah mulai dibayangi jerat degradasi karena terkubur di dasar klasemen Liga 1.

Situasi itu membuat mereka mau tak mau mesti merebut poin penuh. Setidaknya untuk mempertipis jarak dengan Bhayangkara FC (4 poin) dan Persis Solo (6).

Sudah Tampil Baik

Gustavo Almeida pun mengatakan bahwa memang hanya hasil akhir saja yang menjadi pembeda sitausi di Arema FC. Karena sejauh ini, skema permainan sudah baik.

Striker berusia 26 tahun ini sempat absen pada laga pertama saat dikalahkan Dewa United 0-1 (2/7/23) lalu. Setelah itu, Gustavo konsisten mengisi lini serang.

"Kalau melihat pada pertandingan sebelumnya, ada banyak hal positif. Arema FC sudah bermain lebih baik," sebut eks striker Negeri Sembilan FC Malaysia itu.

"Dalam sepak bola, ini tentu progres bagus. Tapi, ada beberapa hal kecil saja yang membuat tim menelan kekalahan," imbuh Gustavo.

Secara kinerja, lini serang yang dihuni Gustavo juga sudah tampil optimal. Dia juga hampir bisa mencetak gol pada setiap laga yang dilakoni Tim Singo Edan.

Gustavo Almeida bahkan langsung mencatat hattrick saat Arema FC ditahan imbang Persib Bandung 3-3 (7/7/23). Dua gol lain saat kalah 2-5 dari Persik Kediri (15/7/23).

Dia lalu melanjutkan 1 gol lagi ketika Arema FC dikalahkan Bali United 1-2 (21/7/23) serta 1 gol terakhir dalam hasil imbang 1-1 kontra Persis Solo (30/7/23).

Praktis, hanya gawang Barito Putera saja yang belum dibobol oleh Gustavo. Karena pada laga itu, Arema FC menyerah dengan skor telak 0-4 di Bali Sabtu (5/8/23).