In-depth

Deretan Klub Inggris yang Lolos Sanksi Berat meski Ketahuan Main Curang

Rabu, 9 Agustus 2023 15:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Lee Smith
Melihat deretan klub Liga Inggris (Premier League) yang belum mendapat sanksi meski ketahuan main curang dan melanggar beberapa aturan. Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Melihat deretan klub Liga Inggris (Premier League) yang belum mendapat sanksi meski ketahuan main curang dan melanggar beberapa aturan.

INDOSPORT.COM – Melihat deretan klub Liga Inggris (Premier League) yang belum mendapat sanksi meski ketahuan main curang dan melanggar beberapa aturan.

Liga Inggris merupakan kompetisi terpopuler di dunia berkat besarnya pasar yang dijangkau serta kompetisinya yang bergulir secara modern.

Di sisi lain, Liga Inggris menjadi liga yang paling terbuka dibanding liga-liga top Eropa lainnya, di mana investor boleh menguasai satu klub.

Karenanya, banyak konglomerat di dunia yang kemudian menjadi pemilik klub-klub Inggris, tak hanya di kasta teratas, tapi juga di kasta bawah.

Masifnya konglomerat yag menjadi pemilik klub membuat pihak Liga Inggris mengeluarkan aturan-aturan agar memperketat pengeluaran klub via kantong sang pemilik.

Tak cukup sampai di situ, Liga Inggris juga memperketat pengeluaran suatu tim agar tak mengambil keuntungan dan bermain curang.

Nahasnya, adanya aturan ini tak membuat banyak klub patuh dan bahkan melakukan tindakan ilegal yang melenceng dari aturan Liga Inggris.

Sejak Liga Inggris digelar 1992, banyak tim yang melanggar aturan, tapi hanya ada dua klub yang tengah diinvestigasi dan kini justru belum terkena sanksi.

Investigasi ini bahkan beberapa di antaranya telah menyebutkan bahwa suatu klub bersalah atas tindakan ilegal yang dilakukan.

Kedua klub tersebut adalah Manchester City dan Chelsea, yang kini tengah diinvestigasi lebih dalam oleh otoritas Liga Inggris.