Liga Indonesia

Pelatih Persis Solo Bicara Rahasia Ketajaman Sananta dan Panggilan Timnas U-23

Rabu, 9 Agustus 2023 16:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ramadhan Sananta saat tampil di pertandingan Persis Solo. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ramadhan Sananta saat tampil di pertandingan Persis Solo. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji Ramadhan Sananta atas brace ke gawang Persib Bandung, Selasa (8/8/23).

Laskar Sambernyawa pun tak keberatan melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-23.

Sananta tampil ganas dalam aksi ketujuh di Liga 1 2023-2024 bersama Persis Solo. Dua gol pun berhasil ia cetak, memanfaatkan assist gelandang asal Argentina, Alexis Messidoro.

Dua gol itu membuat Persis Solo menang 2-1 atas Persib Bandung di Stadion Manahan. Kontribusi positif tersebut menjadi jawaban Sananta setelah kembali dipercaya masuk starting eleven.

Leonardo Medina memberikan pujian atas ketajaman Sananta. Pemain asal Kepulauan Riau ini sukses memecah kebuntuan setelah dua laga terakhir Persis Solo kesulitan mencetak gol lewat open play.

"Di pertandingan ini Sananta bermain bagus sekali. Dia merupakan pemain yang luar biasa," kata Leo Medina.

Pelatih asal Meksiko ini berbicara tentang rahasia ketajaman Sananta. Ia senang dengan reaksi sang pemain ketika diminta berbenah dalam sesi latihan. Ia mendapat materi tambahan di setiap latihan bersama tim pelatih.

"Kita harus bekerja keras dan Sananta kerja keras juga. Saya terima kasih dan senang dengan dia atas performa yang lebih bagus dan lebih profesional," tutur Leo Medina.

"Dia percaya kepada saya untuk bagaimana bekerja di dalam lapangan," lanjut pelatih berlisensi UEFA Pro ini.

Sananta sedang tampil bagus. Namun ia harus meninggalkan klub karena mendapat panggilan untuk gabung Timnas Indonesia U-23.

Skuat besutan Shin Tae-yong ini akan mengikuti Piala AFF U-23 2023 di Kamboja. Meski tak masuk dalam kalender FIFA, Persis Solo memberi dukungan agar Sananta membela Timnas Indonesia.

"Saya senang dia pergi ke timnas. Saya percaya dia akan menjadi pemain top di Timnas," tegas Leo Medina.

Terkait performa tim melawan Persib Bandung, Leo Medina tak begitu puas. Persis Solo tak bisa mendominasi penguasaan bola sepanjang laga.

Persib Bandung juga mendapatkan peluang yang lebih banyak. Namun, di dalam kompetisi, tiga poin lebih penting ketimbang keunggulan statistik.

"Saya mengucapkan selamat dan terima kasih pada pemain-pemain kita atas keputusan yang diambil di pertandingan yang bagus sekali," ucap Leo Medina.

"Kita memang kalah di ball possession, tapi kita harus menang. Saya senang karena kita bisa cetak skor lebih banyak daripada kebobolan,

"Sebenarnya ini bukan cara yang saya inginkan untuk menang, tapi tiga poin itu sangat penting," sambungnya.

Raihan tiga poin mengantarkan Persis Solo ke posisi sepuluh di klasemen sementara Liga 1 2023-2024. Persis Solo mengoleksi 9 poin dengan torehan 12 gol dan 12 kebobolan.

Setelah ini, Persis Solo akan bertandang ke Stadion Brawijaya, menantang tuan rumah Persik Kediri, Minggu (13/8/23) malam.

Jelas ini bukan laga yang mudah. Persik Kediri baru saja mencuri empat poin dalam laga tandang ke markas PSM Makassar dan Bali United.

Tiga sesi latihan sebelum berangkat ke Kediri bakal dimanfaatkan Persis Solo untuk recovery serta menyusun skema baru tanpa keberadaan Ramadhan Sananta. TC Timnas U-23 dimulai pada Kamis (10/8/23).