In-depth

3 PR Penting Jurgen Klopp sebelum Liverpool Masuki Musim Baru 2023/2024

Kamis, 10 Agustus 2023 22:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Phil Noble
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp nampaknya masih punya cukup banyak PR untuk diselesaikan jelang Liverpool memasuki musim baru 2023/2024.

Selama jeda pramusim, Mohamed Salah dkk telah disibukkan dengan berbagai agenda pertandingan yang digelar di Jerman, Singapura, dan Inggris.

Dari serangkaian pertandingan tersebut, Jurgen Klopp mendapatkan hasil ‘gado-gado’ termasuk main imbang kontra klub kasta kedua Liga Jerman, SpVgg Greuther Furth.

Setelah menyelesaikan tur pramusimnya, Liverpool akan melangkah ke laga perdana mereka di Liga Inggris 2023/2024 menghadapi Chelsea.

Akan tetapi, ada beberapa isu penting yang harus diselesaikan Jurgen Klopp sebelum sampai ke laga penting yang bakal digelar pada 13 Agustus tersebut. Apa saja?

Mencari Tambahan Gelandang Baru

Selama ini, Liverpool dikenal sebagai klub raksasa yang tidak sering belanja banyak di bursa transfer pemain.

Jangankan punya niat boros, pemain termahal mereka saat ini saja ‘hanya’ berlabel 80 jutaan pounds. Ya, siapa kalau bukan Virgil van Dijk dan Darwin Nunez.

Kecenderungan tidak banyak membeli pemain tersebut pun kembali terjadi belum lama ini. Praktis, sejauh ini baru Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai yang mendarat.

Di sisi lain, Liverpool agak ‘kecolongan’ dengan transfer Jordan Henderson dan Fabinho yang tanpa disangka-sanga hengkang ke Arab Saudi.

Kini, mereka membutuhkan gelandang bertahan baru, menyusul Stefan Bajectic yang belum lama ini sudah kembali ke sesi latihan tim.

Romeo Lavia pun menjadi nama yang sering diperbincangkan publik seiring perburuan Liverpool terhadap calon gelandang baru.

Hanya saja, mendatangkannya ternyata bukan perkara mudah. Liverpool bahkan harus menyaksikan tawaran mereka ditolak setidaknya sampai tiga kali oleh Southampton.

Namun selain Romeo Lavia, Liverpool tentunya sudah mengantongi nama alternatif yang bisa mereka prospek di bursa transfer pemain kali ini.

Ia adalah Andre, gelandang Brasil yang saat ini bermain untuk Fluminense, serta yang teranyar Moises Caicedo dari Brighton.

Jurgen Klopp tentu saja berharap Liverpool bisa mendaratkan setidaknya satu gelandang lagi sebelum pertandingan kontra Chelsea.

Ya, mereka harus berkejaran dengan waktu agar bisa segera mendaftarkannya sebelum musim baru Liga Inggris 2023/2024 resmi dimulai.