Timnas Indonesia

Merugikan Liga dan Klub, Shin Tae-yong Ingin Piala AFF U-23 Segera Dibubarkan

Kamis, 10 Agustus 2023 22:33 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menilai perhelatan Piala AFF U-23 sangat merugikan klub-klub Liga 1. Bahkan Shin Tae-Yong berharap tidak ada lagi turnamen Piala AFF U-23.

Timnas Indonesia U-23 memang tengah melakukan persiapan untuk tampil di ajang Piala AFF U-23. Di mana turnamen ini dijadwalkan berlangsung pada 17-26 Agustus di Thailand.

Namun dalam perjalanannya pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 sedikit terjadi polemik antara Timnas Indonesia dan klub-klub Liga 1.

Di mana klub-klub Liga 1 merasa keberatan akan pemanggilan pemainnya di tengah-tengah bergulirnya roda kompetisi Liga 1 2023-2024.

Di sisi lain, tentu Shin Tae-yong juga membutuhkan pemain terbaik guna bisa membawa Timnas Indonesia meraih prestasi di ajang Piala AFF U-23.

Terjebak dalam situasi ini, Shin Tae-yong pun menilai sejatinya perhelatan Piala AFF U-23 ditiadakan. Karena memang mengganggu perkembangan perkembangan sepak bola di suatu negara.

“Saya berharap tidak ada lagi turnamen AFF U-23 karena pemain-pemain U-23 itu banyak yang bermain di Liga 1 dan banyak yang di tim inti mereka masing-masing,” ucap Shin Tae-yong. 

“Jadi dengan adanya turnamen AFF U-23 ini sebenarnya merugikan liga dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara,” tambah pelatih asal Korea Selatan ini.

Namun untuk Piala AFF U-20, Shin Tae-yong justru setuju. Karena dengan adanya turnamen ini membuat pemain memiliki pengalaman bertanding di level internasional.

“Untuk U-20 oke karena mereka harus banyak bertanding dan berpenalgaman di turnamen internasional, tetapi untuk u-23 coach shin berharap tidak ada lagi ke depannya,” tambah Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong melanjutkan berbeda jika nanti menjelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Pasalnya, ada target yang dibebankan PSSI sampai menuju Olimpiade Paris.

"Untuk AFC memang ada target, pasti mau loloskan tim ini di kualifikasi babak terakhir dan masuk kualifikasi Olimpiade," pungkasnya.