In-depth

Profil Ben Doak, Remaja 17 Tahun Kuda Hitam di Tengah 5 Penyerang Liverpool

Kamis, 10 Agustus 2023 13:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Jason Cairnduff
Penyerang muda Liverpool, Ben Doak, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff. Copyright: © REUTERS/Jason Cairnduff
Penyerang muda Liverpool, Ben Doak, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool memiliki satu pemain muda bernama Ben Doak di tengah eksistensi Mohamed Salah dkk.

Ya, untuk saat ini Jurgen Klopp nampaknya tidak kekurangan stok penyerang karena memiliki lima pemain yang bisa ia andalkan.

Setelah kepergian Roberto Firmino, pelatih asal Jerman tersebut masih mengantongi pemain-pemain berharga seperti Mohamed Salah dan Darwin Nunez.

Lalu tidak ketinggalan pula Diogo Jota, Luis Diaz, dan Cody Gakpo. Namun di tengah-tengah lima pemain itu, kini terselip nama Ben Doak.

Sebagai pemain muda yang masih butuh mengoleksi pengalaman dan menit bermain, Ben Doak punya bekal yang cukup menjanjikan di Liverpool.

Ia menarik perhatian saat sesi pramusim Liverpool dan berkat penampilannya di laga kontra Darmstadt, ia kini digadang-gadang sebagai calon penerus Mohamed Salah.

Ben Doak masuk menggantikan pemain asal Mesir tersebut pada menit ke-60, dan berhasil menciptakan beberapa momen yang bakal diingat oleh para penonton.

Sebagaimana terlihat dalam cuplikan video di bawah ini, tidak hanya cepat, ia juga mampu menciptakan banyak peluang untuk rekan-rekannya.

Bukan hanya itu, pemain kelahiran Skotlandia ini bahkan beberapa kali membuat repot lini pertahanan lawan.

Dalam setiap pergerakannya pun, ia terlihat sebagai pemain yang tidak kenal takut dalam melakukan serangan ke depan.

Ben Doak lahir di Dalry, Skotlandia, 11 November 2005. Ia mulai bermain sepak bola di klub kampung halamannya sebelum mendarat di Ayr United dan Celtic.

Saat berusia 16 tahun pada 2021, ia sudah berada di bangku cadangan tim utama Celtic yang bermain kontra St Johnstone.

Kesempatan untuk debut pun pada akhirnya datang menghampiri Ben Doak pada tidak lama kemudian, tepatnya pada Januari 2022.

Ia diturunkan sebagai pemain pengganti di pertandingan Celtic melawan Dundee United di ajang Liga Primer Skotlandia.