Timnas Indonesia

Bima Sakti Ungkap Peran Penting Frank Wormuth untuk Timnas Indonesia U-17

Jumat, 11 Agustus 2023 15:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© DFB
Frank Wormuth, konsultan pelatih timnas Indonesia U-17 asal Jerman. Copyright: © DFB
Frank Wormuth, konsultan pelatih timnas Indonesia U-17 asal Jerman.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman, mengungkap peran penting Frank Wormuth. Sosok asal Jerman membagikan ilmu sekaligus menyeleksi diaspora menuju Piala Dunia U-17 2023.

Frank Wormuth menjadi nama baru yang dihadirkan PSSI. Kemampuan sosok berusia 62 tahun ini tak perlu diragukan. Ia pernah menukangi tim-tim Eropa, seperti Union Berlin, Heracles Almelo, FC Groningen hingga tim nasional Jerman U-20.

PSSI menghadirkan Frank Wormuth sebagai konsultan dari tim kepelatihan Timnas U-17. Di setiap latihan, Frank Wormuth hadir untuk memantau Iqbal Gwijangge dkk. dari tribune penonton.

Bima Sakti pun mengungkapkan pentingnya Frank Wormuth. Setiap harinya, tim kepelatihan Timnas U-17 melakukan rapat bersama Frank Wormuth untuk membahas evaluasi dan program latihan.

"Banyak sekali ilmunya, karena beliau sepuluh tahun jadi instruktur pelatih, beberapa tahun jadi pelatih klub bagus di Belanda, Jerman serta tim nasional Jerman. Beliau memberikan banyak input untuk kita," kata Bima Sakti, Jumat (11/08/23).

Bima Sakti menyebut, rapat itu rutin dilakukan mulai pukul 14.00 WIB. Frank Wormuth akan menyampaikan hasil evaluasi setelah menyaksikan sesi latihan dari tribune.

"Jam dua siang nanti kita kumpul. Itu yang kami lakukan setiap hari. Kita bahas sampai Ashar tentang latihan tadi kekurangannya apa. Nanti habis Ashar kita kumpul lagi bahas rencana di latihan esok," jelas Bima Sakti.

Dalam rapat itu juga disertakan video dari sesi latihan untuk dibahas secara bersama-sama. Bima Sakti menuturkan, sesi latihan di Solo ini difokuskan pada evaluasi uji coba di Bali.

Ada banyak pelajaran yang didapat Timnas U-17 setelah bertemu tim level tinggi, seperti Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers U-18.

"Kita bahas melalui video-video yang sudah dipotong oleh tim analisis. Nanti yang bagus kita tampilkan ke pemain. Itu kita lakukan secara rutin," ungkap Bima Sakti.