In-depth

Menilai Kualitas David de Gea, Masih Pantaskah Real Madrid Kejar untuk Ganti Thibaut Courtois?

Jumat, 11 Agustus 2023 16:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Craig Brough
Cedera parah Thibaut Courtois memaksa Real Madrid turun kembali ke bursa transfer untuk mencari kiper pengganti dan nama David de Gea kabarnya diperhitungkan. Foto: REUTERS/Craig Brough Copyright: © Reuters/Craig Brough
Cedera parah Thibaut Courtois memaksa Real Madrid turun kembali ke bursa transfer untuk mencari kiper pengganti dan nama David de Gea kabarnya diperhitungkan. Foto: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM - Cedera parah Thibaut Courtois memaksa Real Madrid turun kembali ke bursa transfer untuk mencari kiper pengganti dan nama David de Gea kabarnya diperhitungkan.

Saat ini penjaga gawang asal Spanyol tersebut masih berstatus tanpa klub usai kontraknya batal diperpanjang oleh Manchester United.

Sebenarnya Real Madrid tidak punya intensi untuk belanja lagi terutama untuk pos bawah mistar namun cedera Courtois terlalu parah untuk dinantikan kesembuhannya.

Pada latihan rutin yang dilakukan pada Kamis (10/08/23) lalu, Courtois harus ditandu usai mengalami masalah pada ligamen lutut yang kemudian diketahui berjenis anterior cruciate ligament (ACL).

Real Madrid pun menjadwalkan operasi secepatnya untuk pemain asal Belgia tersebut namun masa pemulihannya tetap tidak akan sebentar.

Diperkirakan Courtois harus melewatkan seluruh musim 2023/2024. Ada kans pada Maret tahun depan ia sudah bisa mulai pulih namun belum tentu bisa cukup bugar untuk melakoni partai kompetitif.

Itulah kenapa De Gea kemudian disiapkan untuk direkrut sebagai pengganti dan meski masih ada sejumlah opsi lain, namun eks Atletico Madrid ini memang pilihan paling rasional untuk Real Madrid.

Dengan status free agent, Los Merengues tidak perlu mengeluarkan sepeserpun uang untuk mendatangkan David de Gea.

Artinya saldo rekening yang mereka sisakan untuk manuver besar yang memang dijadwalkan pada bursa transfer kali ini masih akan tersisa.

Bukan rahasia lagi jika Real Madrid sangat menginginkan Kylian Mbappe yang transfernya dapat bernilai sekitar 200 juta Euro.

Mempromosikan Andriy Lunin menjadi kiper utama juga mungkin masih belum bisa dianggap sebagai langkah bijak.

Meski usianya sudah menginjak 24 tahun dan telah berpengalaman di Liga Spanyol berkat peminjaman ke Leganes dan Real Valladolid namun bermain sebagai stopper untuk Real Madrid adalah level yang berbeda.

Lebih aman untuk mebiarkan Lunin sebagai back up dan mendatangkan De Gea yang memiliki pengalaman dua musim merumput di kasta teratas negeri matador bersama Atletico Madrid.

Hanya saja bukan berarti mendatangkan De Gea bukan akan tanpa resiko sama sekali dan hanya dipenuhi hal-hal positif.

Ada alasan kenapa Manchester United memutuskan untuk melepasnya pada bursa transfer musim panas ini. Penurunan performa yang masif meski usianya masih relatif muda, 32 tahun, jadi penyebab 'Dave Save' dipaksa mengemasi lokernya dari Old Trafford.