Liga 1

Bali United Alihkan Fokus ke Liga Champions Asia Usai Comeback Dramatis Lawan PSM

Sabtu, 12 Agustus 2023 11:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© MO Bali United
Penyerang PSM Makassar, Kenzo Mambu, berupaya merebut bola yang dikuasai bek Bali United, I Made Andhika Wijaya. (Foto: MO Bali United) Copyright: © MO Bali United
Penyerang PSM Makassar, Kenzo Mambu, berupaya merebut bola yang dikuasai bek Bali United, I Made Andhika Wijaya. (Foto: MO Bali United)

INDOSPORT.COM - Bali United langsung mengalihkan fokus usai mengalahkan PSM Makassar 3-2 pada pekan kedelapan Liga 1 2023-2024, Jumat (11/8/23). Lee Man FC Hongkong sudah menunggu di preliminary first round AFC Champions League 2023-2024.

Kemenangan atas PSM memiliki arti penting bagi Bali United. Kemenangan ini tak sekadar berbuah tiga poin yang membuat Bali United memimpin Liga 1 dengan 14 poin.

Comeback fantastis pada babak kedua ini juga mengasah mentalitas tim jelang berlaga di Hongkong. Ilija Spasojevic menjadi pahlawan kemenangan lewat brace menit ke-75 dan 85.

Sebelum Spaso mencetak gol, Bali United tertinggal 1-2. PSM mencetak gol lewat Yance Sayuri dan Muhammad Rizky. Sementara gol balasan Bali United dicetak Privat Mbarga.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menilai perubahan yang terjadi pada babak kedua berbuah positif. M Rahmat, Fadil Sausu dan Ilija Spasojevic membawa perubahan.

"Sekarang kita bisa bagus di liga, bisa naik klasemen, tapi mulai sekarang kita juga harus punya fokus ke kompetisi internasional. Kita fokus ke pertandingan di Hong Kong. Kita minta doa ke suporter supaya dapat hasil positif di Hong Kong," kata Teco.

Ada strategi bagus yang terbukti jitu bagi Bali United dan berpotensi jadi senjata pada AFC Champions League 2023-2024. Strategi itu adalah menduetkan Ilija Spasojevic dengan Jefferson Assis.

Teco menuturkan, strategi ini tak terjadi secara situasional. Ia mengatakan, dalam beberapa sesi latihan, Bali United sudah mencoba opsi dua penyerang.

Namun, dalam laga-laga sebelumnya, opsi ini dirasa belum tepat dengan situasi pertandingan dan kondisi lawan. Ia melihat strategi ini bisa dipakai karena tak semua bek PSM memiliki tinggi seperti Yuran Fernandez.

"Saya lihat situasinya kita belum menang, makanya kita butuh Spaso. Spaso pasti bisa cetak gol karena dia pemain yang berbahaya," jelas Teco.

"Kita harus melihat lawan ketika mau pasang ini. Di pertandingan ini kita berhasil. Kerja bagus dari para pemain," lanjut pelatih berlisensi CBF Pro ini.

Kegemilangan Spaso turut menjadi modal bagus menuju laga melawan Lee Man FC. Teco memuji profesionalisme yang ditunjukkan Spaso.

Meski baru dimainkan pada babak kedua, Spaso bisa total dalam bermain dan mengubah keadaan. Spaso layak mendapatkan itu karena bekerja keras di latihan.

"Di sepak bola, kadang ada situasi yang membuat pemain bisa jadi cadangan. Spaso merupakan contoh yang sangat bagus buat semua pemain di Bali, baik itu senior maupun muda," kata Teco.

"Spaso pemain yang sangat profesional, sangat kerja keras di latihan. Pemain yang bekerja keras di latihan bisa menikmati di pertandingan. Seperti di pertandingan ini, dia bukan pemain inti, tapi bisa membuat tim menang," sambungnya.

Bali United memiliki waktu satu hari untuk recovery sebelum terbang ke Hong Kong pada Minggu (13/8/23). Laga melawan Lee Man FC Hongkong akan berlangsung di Hong Kong Stadium, Rabu (16/8/23) malam.

Pemenang dari laga ini akan melakoni laga playoff regional timur melawan wakil dari Jepang, Urawa Red Diamonds pada 22 Agustus 2023.

Tim yang kalah dari laga pertama maupun laga kedua secara otomatis akan terlempar ke fase grup AFC Cup 2023-2024.

Baik Bali United maupun Lee Man FC sama-sama tak diunggulkan karena Urawa Red Diamonds merupakan juara bertahan AFC Champions League.