Liga 1

Pancar Nur Bisa Jadi Kunci Persis Solo Rebut Poin di Markas Persik

Sabtu, 12 Agustus 2023 11:37 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez memprotes keputusan wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung di stadion Manahan, Selasa (08/08/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Striker Persis Solo, Fernando Rodriguez memprotes keputusan wasit pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023/2024 melawan Persib Bandung di stadion Manahan, Selasa (08/08/23).

INDOSPORT.COM - Persis Solo dalam misi curi poin dalam lawatan keempat pada Liga 1 2023-2024. Pancar Nur Widiastono bisa menjadi kunci Laskar Sambernyara untuk mengalahkan Persik di Stadion Brawijaya, Sabtu (12/8/23).

Persis Solo berani menurunkan Pancar Nur dalam laga melawan Dewa United dan Persib Bandung. Debutnya di Liga 1 melawan Dewa United berbuah clean sheet perdana Laskar Sambernyawa musim ini.

Dalam laga itu, Pancar Nur mencatatkan 11 saves. Kiper yang pernah dua tahun mengikuti program latihan internasional di Real Valladolid ini turut terlibat dalam build up serangan.

Performa menawan itu menjadi buah dari perjuangan panjang Pancar Nur sejak gabung Persis Solo di tahun 2021. Kegemilangan Pancar Nur kembali diharapkan Laskar Sambernyawa.

Kiper berusia 23 tahun ini kemungkinan besar akan diturunkan dalam laga melawan Persik Kediri. Namanya ada dalam daftar 22 pemain yang diboyong ke Kediri, Jumat (11/8/23).

Pancar Nur pun siap andai kepercayaan itu benar-benar datang lagi. Eks kiper muda Persija Jakarta ini senang ketika kepercayaan diberikan dalam dua laga terakhir.

"Ya Alhamdulillah dikasih kesempatan sama pelatih. Jika dikasih kepercayaan, saya berusaha untuk selalu berikan yang terbaik dalam pertandingan," kata Pancar Nur.

Pancar Nur senang dengan dukungan yang diterimanya ketika mendapat kesempatan bermain di Liga 1 2023-2024.

Sejak potensinya dilirik setelah tampil bagus di Gothia Cup 2016, Pancar Nur terus berusaha improve kemampuannya. Ia pun mengungkap dukungan penuh dari pelatih kiper Persis Solo, Eddy Harto.

"Coach selalu memberikan dukungan dan selalu kasih motivasi. Saya terima kasih sama jajaran staf pelatih dan manajemen," tutur Pancar Nur.

Salah satu keahlian yang bisa dimanfaatkan Persis Solo adalah kualitas build up Pancar Nur. Ternyata, pengalaman dua tahun berlatih di Spanyol bisa berguna sampai sekarang.

Pancar Nur mengakui pelatih Leonardo Medina memintanya untuk ikut aktif di bawah mistar. Saat laga melawan Dewa United, Pancar Nur melakukan 40 assist dengan 25 di antaranya tepat sasaran.

"Itu dipengaruhi filosofi bermain dari pelatih kepala. Cara kita bermain maunya (saya) build up dan saya juga sempat menimba ilmu di Spanyol. Jadi ya dari usia dini sudah dikasih pelajaran untuk build up," ungkap Pancar Nur.

Pancar Nur tinggal berkoordinasi dengan lini belakang Persis Solo agar solid ketika menahan gempuran Persik Kediri. Tim tuan rumah sangat tajam dengan catatan 12 gol dari 7 pertandingan.

Namun, Pancar Nur juga bisa menjadi awal untuk memanfaatkan kelemahan Persik Kediri. Tim Macan Putih sudah kebobolan 13 gol. Lima gol di antaranya terjadi dalam tiga partai kandang di Stadion Brawijaya Kediri.

Empat kwartet penghuni lini belakang Persis Solo kemungkinan kembali diberikan pada Chrystna Bhagascara, Jaimerson Xavier, Rian Miziar dan Eky Taufik.

Sementara Diego Bardanca kemungkinan akan disimpan lagi. Bek asal Filipina ini mulai tersisih setelah Persis Solo mengubah formasi dari 3-5-2 menjadi 4-4-2 atau 4-3-3.