In-depth

Profil Kim Min Gyu, Pemain Asing Semen Padang Jebolan Timnas Korea Selatan

Sabtu, 12 Agustus 2023 05:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Semen Padang
Skuad Semen Padang Copyright: © Semen Padang
Skuad Semen Padang

INDOSPORT.COM - Setelah mengamankan 29 pemain lokal untuk mengarungi Liga 2 2023/24, Semen Padang bergerak cepat merekrut pemain asing. Satu nama telah didatangkan yakni Kim Min Gyu. 

Sebagaimana diketahui, Kim Min Gyu adalah pemain kelahiran Korea Selatan berusia 23 tahun. Dia berposisi sebagai bek tengah yang siap membawa Semen Padang meraih prestasi di kompetisi Liga 2 2023/24.

CEO Semen Padang FC, Win Bernadino mengatakan kedatangan Kim sesuai permintaan tim pelatih. Kim langsung dikontrak tanpa trial dan telah diumumkan ke publik dua hari lalu. 

“Kami sudah bersepakat dengan coach untuk mencari pemain asing yang tampil reguler dan siap dimainkan tanpa harus trial dulu,” ujar Win Bernadino. 

“Jajaran pelatih sudah mempelajari dan melihat kemampuan pemain ini. Hasil dari rapat kita bersama dengan seluruh tim pelatih memilih Kim untuk menambah kekuatan di lini belakang kita," tambahnya. 

Semen Padang juga bergegas lakukan verifikasi, agar tidak ada masalah saat Kim didaftarkan ke PSSI. Harapannya, bek asing itu memberikan penampilan terbaik dan membantu Kabau Sirah promosi. 

Pelatih Semen Padang, Delfiadri menilai kehadiran Kim bisa membuat lini pertahanan makin solid dan tangguh. Bek kelahiran 25 November 2000 itu merupakan pilihan utama di klub sebelumnya. 

“Tentunya kehadiran dia kita harapkan mampu memberi pengaruh dan mengangkat peforma tim nantinya,” ucap Delfiadri

Sebelumnya, Kim membela tim TRW Kelantan FC yang berlaga di kompetisi teratas Liga Malaysia 2023. Tapi, dia kemudian dilepas dengan status bebas transfer.   

Bersama Kelantan, bek 188 cm itu memainkan sembilan pertandingan, dengan rincian delapan laga di liga dan satu pertandingan di Malaysia FA Cup. 

Kim mengawali karir sepak bola di salah satu klub raksasa Korea Selatan, Pohang Steelers U-18 pada 2015 lalu. Lalu dia juga sempat membela tim universitas tempatnya berkuliah, Konkuk University. 

Dia kemudian tembus skuad utama Pohang Steelers pada 2020. Karena jarang dapat menit bermain, Kim kemudian dipinjamkan ke klub Liga 3 Korea, Gimhae FC pada 2021. 

Di Gimhae, Kim memainkan 11 pertandingan. Lalu kembali ke Pohang pada akhir tahun 2021 dan bertahan hingga 2022.

Pada 2023, Kim mencoba merantau dan klub pertama yang dituju adalah  TRW Kelantan FC. Dia enam bulan di klub Negeri Jiran itu. 

Kim merupakan jebolan Timnas Korea U-15 dan U-17. Total dia tampil lima pertandingan dari dua kelompok usia tersebut. 

Saat ini, harga pasar pemain tersebut berada di kisaran Rp869 juta berdasarkan catatan Transfermarkt. Angka tertingginya adalah Rp2,6 miliar pada 2021 lalu. 

Sebelum Kim, Semen Padang sudah pernah datangkan pemain Korea Selatan.   Sebut saja Yuu Hyun Koo dan Park Chul Hyung yang membawa Semen Padang FC di papan atas Indonesia Super Liga 2010/2011. 

Selain itu juga ada Lee Gil Hoon dan Ko Jae Sung yang juga memberikan kontribusi terbaiknya untuk tim kebanggaan Ranah Minang. 

Dengan kehadiran Kim, tersisa satu pemain asing lagi yang akan didatangkan Semen Padang FC.  Kemungkinan minggu depan pemain asing lainnya sudah berada di Kota Padang.

Data Pemain Asing Semen Padang

Nama : Kim Min Gyu

Tanggal Lahir : 25 November 1999

Tinggi : 188 cm

Berat Badan : 82 kg

Kaki : Kanan

Posisi : Center Bek

Negara : Korea Selatan

Karir :

2023 : TRW Kelantan FC

2020-2022 : Pohang Steelers

2015 – 2020 : Pohang Steeler U-18

National Team :

Republic of Korea Team U-15

Republic of Korea Team U-17

Republic of Korea Team U-19.