Liga 1

Mulai Panas, Flavio Silva Bertekad Masuk Persaingan Top Skor Liga 1

Senin, 14 Agustus 2023 18:50 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Persik Kediri
Penyelamatan gawang kiper Dewa United, Sonny Stevens dari serangan pemain Persik Flavio Silva pada laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Jumat (21/07/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Penyelamatan gawang kiper Dewa United, Sonny Stevens dari serangan pemain Persik Flavio Silva pada laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Jumat (21/07/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Salah satu faktor penyebab mulusnya start Persik Kediri pada Liga 1 2023/2024 adalah ketajaman lini serang. Flavio Silva menjadi bagian pada sektor tersebut.

Striker kebangsaan Portugal itu tampak mulai panas lewat kontribusi penting untuk Persik. Bermain dalam 8 laga musim ini, dia mencetak 3 gol dan 2 assist.

Gol terbarunya tercipta melalui penalti menit 87, saat tim berjulukan Macan Putih mengandaskan Persis Solo 2-0 di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (12/08/23) kemarin.

"Saya cukup beruntung bisa mencetak gol kedua dari penalti. Secara umum, laga sangat sulit untuk kami," sebut striker bernama lengkap Flavio Antonio Da Silva itu.

"Kemenangan ini tak lepas dari mental yang kuat. Persis Solo punya semangat pantang menyerah, begitu juga kami untuk menghadirkan kemenangan," tambah dia.

Flavio lantas menjawab pertanyaan jurnalis, apakah dia turut mengincar gelar top skorer Liga 1? Pasalnya, peluang itu sangat terbuka seiring kontribusinya di Persik.

"Sebagai seorang striker, tentu akan selalu berusaha meraih top skorer. Itu prestasi penting dan saya akan mencobanya," ungkap striker kebangsaan Portugal itu.

Sejauh ini, 3 golnya membuat Flavio berada di 12 besar bursa top skorer. Sedangkan striker Arema FC, Gustavo Almeida masih memuncaki klasemen dengan 7 gol.

Empat striker lain bersaing di jajaran 5 besar. Alex Martins (Dewa United) mengemas 6 gol, disusul Ciro Alves, Carlos Fortes dan Brandao Junior dengan 5 golnya.

Kendati terpaut cukup jauh, tapi peluang menambah gol masih terbuka lebar. Flavio bisa memburunya dalam 26 pekan tersisa Liga 1 musim 2023/2024.

Prioritaskan Tim

Kendati demikian, Flavio Silva sadar bahwa kepentingan tim tetap sebagai prioritas. Terlebih, Persik Kediri masih belum mencapai level konsistensi hasil laga.

Saat ini, Tim Macan Putih menempati 10 besar klasemen Liga 1 dengan 11 poin. Anak asuh Marcelo Rospide bahkan belum terkalahkan dalam 3 laga terakhir.

"Tentu saja, kepentingan tim untuk meraih kemenangan jauh lebih penting daripada target pribadi saya soal gol," beber Flavio Silva.

"Sedangkan tugas saya sebagai pengisi lini serang, tentu adalah mencetak gol sebanyak mungkin untuk tim," imbuh eks pemain Timnas Portugal U-19 tersebut.

Flavio lantas menegaskan bahwa prioritasnya saat ini adalah membantu tim mencapai target perbaikan prestasi, setelah finis di peringkat 11 klasemen musim lalu.

Ketika itu, Flavio yang datang pada putaran kedua, turut berkontribusi penting melalui 7 gol dan 1 assist dari 16 laga yang dilakoni bersama Persik Kediri.

"Saya akan terus berusaha memberikan kemampuan terbaik untuk tim, tentunya melalui gol," alumni tim B Benfica di Liga 2 Portugal itu menandaskan.

"Jika kami bisa bangkit dengan naik posisi klasemen, itu akan jauh lebih penting dibanding target pribadi saya soal persaingan top skor," pungkas dia.