In-depth

Siapa Romeo Lavia? Bocah Belgia yang Campakkan Liverpool demi Gabung Chelsea

Selasa, 15 Agustus 2023 12:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Matthew Childs
Bursa transfer dipanaskan dengan duel dua raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea dan Liverpool, yang memperebutkan Romeo Lavia. Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Bursa transfer dipanaskan dengan duel dua raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea dan Liverpool, yang memperebutkan Romeo Lavia.

INDOSPORT.COM – Bursa transfer dipanaskan dengan duel dua raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea dan Liverpool, yang memperebutkan Romeo Lavia.

Romeo Lavia menjadi perebutan kedua tim tersebut sepanjang musim panas 2023 ini, menyusul kebutuhan Chelsea dan Liverpool akan gelandang bertahan baru.

Semula, Chelsea menjadi tim yang meminati Romeo Lavia, dan sempat ingin memboyongnya sejak musim panas 2022 lalu hingga musim panas 2023 ini.

Namun Chelsea menurunkan minatnya demi memboyong Moises Caicedo dan membuat Liverpool masuk ke perburuan Romeo Lavia dengan memberikan penawaran.

Setelah hadirnya minat dari rivalnya itu, Chelsea melakukan transfer ganda dengan membajak Caicedo dari kesepakatan Brighton dan Liverpool, serta melakukan negosiasi untuk Romeo Lavia.

Tak ayal Romeo Lavia pun mencapai kesepakatan dengan Chelsea yang juga berhasil menggaet Moises Caicedo dari tangan Liverpool.

Liverpool tak kehabisan akal dan memberikan penawaran 60 juta poundsterling. Tapi, Romeo Lavia telah memilih Chelsea yang hanya menawarkan 50 juta poundsterling.

Penolakan yang diterima Liverpool dan keberhasilan Chelsea menggaetnya membuat Romeo Lavia pun menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir.

Romeo Lavia sendiri adalah pesepak bola muda asal Belgia yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Ia lahir di Brussels pada 6 Januari 2004.

Kariernya bermula di Anderlecht sejak usia 8 tahun. Pada usia 15 tahun, ia mampu menarik atensi Pep Guardiola di sebuah turnamen untuk pemain muda, sehingga Manchester City memboyongnya.

Man City memboyongnya pada 2020, atau saat usianya 16 tahun, dan Romeo Lavia pun dibina di akademi klub berjuluk The Citizens itu, sebelum akhirnya debut di tim utama pada usia 17 tahun.

Namun minimnya kesempatan membuatnya kemudian memilih hijrah ke Southampton pada musim panas 2022, dengan biaya 14 juta poundsterling.

Usai tampil 29 laga, Romeo Lavia makin mempesona Chelsea dan Liverpool yang memperebutkannya. Lalu bagaimana dengan kualitasnya selama membela Southampton?