Liga 1

Pelatih Persis Solo Tak Merasa Diuntungkan Situasi Bali United Jelang Jumpa Liga 1

Jumat, 18 Agustus 2023 16:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tak merasa diuntungkan dengan situasi Bali United, jelang laga pekan kesembilan Liga 1 2023-2024, Sabtu (19/8/23) (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tak merasa diuntungkan dengan situasi Bali United, jelang laga pekan kesembilan Liga 1 2023-2024, Sabtu (19/8/23) (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tak merasa diuntungkan dengan situasi Bali United, jelang laga pekan kesembilan Liga 1 2023-2024, Sabtu (19/8/23). Elias Dolah dkk. merupakan pemain profesional yang paham cara recovery.

Bali United menjalani pekan melelahkan sebelum bersua Persis Solo. Bali United sempat melakoni laga preliminary stage Liga Champions Asia 2023-2024.

Dalam laga di Hongkong Stadium, melawan Lee Man FC, Rabu (16/8/23), Bali United kalah telak 1-5. Kekalahan itu menghadirkan kritik pedas, namun Bali United tak punya waktu untuk evaluasi.

Bali United melakoni perjalanan melelahkan dari Hongkong ke Bali pada Kamis (17/8/23). Setelah numpang tidur semalam, Bali United kembali terbang dengan pesawat ke Solo pada Jumat (18/8/23).

Situasi ini jelas menghadirkan kelelahan yang luar biasa dari awak tim. Mereka bisa saja tak maksimal andai menurunkan skuad yang sama laga melawan Persis Solo.

Terkait situasi itu, Leonardo Medina, merasa timnya tak diuntungkan jelang pertemuan di Stadion Manahan Solo. Pelatih asal Meksiko ini meyakini Bali United sudah menyiapkan cara untuk mengembalikan kondisi dengan cepat.

"Saya pikir itu tidak menjadi keuntungan bagi kami karena pemain-pemainnya adalah seorang profesional. Mereka tahu bagaimana recovery, begitu juga dengan stafnya," kata Leo Medina, Jumat (18/8/23) sore.

Sebaliknya, Leo Medina juga tak ambil pusing ketika timnya bakal tampil tanpa Alexis Messidoro. Ya, pada laga ini Messidoro akan absen karena pemulihan cedera hamstring.

Leo Medina memuji Messidoro sebagai pemain yang sangat bagus. Namun, Persis Solo juga bukan tim yang hanya bergantung pada satu pemain saja.

"Messidoro pemain penting, tapi kami punya yang lain juga. Pemain lain bisa build up, bisa main bagus juga. Kita bekerja keras dengan semua pemain," ungkap Leo Medina.

Sebenarnya, kemampuan Messidoro dalam membangun build-up dari lini belakang juga tak terlalu diperlukan. Pasalnya, Bali United bukanlah tim yang menekan di garis pertahanan lawan.

Makanya, Persis Solo mempersiapkan tim untuk menyerang dari sektor tengah. Persis Solo juga bekerja keras dalam antisipasi dan memanfaatkan set piece.

"Kita tidak fokus pada pemain yang sedang cedera. Kita fokus bagaimana kita bisa menyerang dengan bagus untuk tim yang punya pertahanan bagus. Kita fokus menyerang lawan di tengah," papar Leo Medina.

Antisipasi Set Piece

Set piece menjadi salah satu masalah yang coba diselesaikan pada awal Liga 1 2023-2024. Mereka masih kecolongan gol lewat set piece ketika kalah dari Persik Kediri 2-0.

Kiper Persis Solo, Pancar Nur Widiastono, berharap upaya ini berbuah hasil pada laga melawan Bali United. Para pemain punya keinginan kuat mewujudkan kemenangan.

"Pastinya latihan set piece bersama coach Leo sudah kita lakukan. Perbaikan di latihan selalu kita lakukan untuk pertandingan melawan Bali. Saya kira kami akan siap untuk pertandingan ini," ungkap Pancar Nur.

Persis Solo butuh kemenangan untuk mengangkat posisi di Liga 1 2023-2024. Saat ini Pancar Nur dkk. masih berada di peringkat 14 dengan koleksi 9 poin.

Sementara itu Bali United juga butuh tiga poin agar bisa bertahan di papan atas. Bali United untuk sementara ada di peringkat lima dengan 14 poin dan surplus tiga gol.