In-depth

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik Ten Hag Usai Man United Dipermalukan Spurs

Minggu, 20 Agustus 2023 10:56 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Tony Obrien
Erik ten Hag di laga Tottenham Hotspur vs Manchester United (19/08/23). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)aErik ten Hag harus mendapati anak asuhnya menelan kekalahan memalukan dari Tottenham Hotspur di pekan kedua Liga Inggris (Premier League) 2023/2024. Copyright: © REUTERS/Tony Obrien
Erik ten Hag di laga Tottenham Hotspur vs Manchester United (19/08/23). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)aErik ten Hag harus mendapati anak asuhnya menelan kekalahan memalukan dari Tottenham Hotspur di pekan kedua Liga Inggris (Premier League) 2023/2024.

INDOSPORT.COM – Erik ten Hag harus mendapati anak asuhnya menelan kekalahan memalukan dari Tottenham Hotspur di pekan kedua Liga Inggris (Premier League) 2023/2024.

Ten Hag beserta Manchester United harus menerima kekalahan dengan skor 0-2 dalam lawatannya ke markas Tottenham Hotspur tersebut, Sabtu (19/08/23).

Dalam pertandingan itu, Man United tampil cukup baik di paruh pertama. Tapi di babak kedua, Spurs, sebutan Tottenham, mampu mencetak dua gol yang berangkat dari kesalahan Setan Merah.

Dua gol Spurs itu dicetak masing-masing oleh Pape Matar Sarr di menit ke-49 serta gol bunuh diri bek andalan Man United, Lisandro Martinez di menit ke-83.

Kekalahan ini tak ayal menambah masalah Setan Merah yang di pekan pertama tampil buruk kala menghadapi Wolverhampton Wanderers, kendati mampu meraih kemenangan.

Selain itu, kekalahan Manchester United dari Tottenham Hotspur ini kian memberikan pelajaran bagi Erik ten Hag selaku pelatih.

Dalam kekalahan itu, ada lima pelajaran penting yang bisa dipetik Ten Hag agar tak mengulangi kesalahannya di laga-laga selanjutnya. Apa saja pelajaran itu? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Menentukan Posisi Mason Mount

Di laga kontra Tottenham, Erik ten Hag seakan diberi pelajaran penting untuk menentukan posisi yang tepat bagi rekrutan barunya yakni Mason Mount.

Sebab dalam dua laga awal Liga Inggris 2023/2024, pemain bernomor punggung 7 itu bermain di dua peran, yakni sebagai Double 10 di laga kontra Wolves dan Double Pivot di laga kontra Spurs.

Di dua posisi ini, rekrutan termahal Man United di musim panas 2023 itu tak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan bahkan cenderung tampil buruk.

Tak ayal Ten Hag pun harus segera mencari posisi yang tepat bagi Mason Mount sebelum kepercayaan dirinya luntur dan mempengaruhi performanya.

2. Marcus Rashford Bukan Nomor 9

Sadar atau tidak, Erik ten Hag melakukan perjudian fatal dengan memainkan Marcus Rashford sebagai pemain nomor 9 atau penyerang tengah.

Dalam dua pertandingan terakhir, Ten Hag memainkan Rashford sebagai Target Man dalam formasi 4-1-4-1 kontra Wolves dan 4-2-3-1 di laga kontra Spurs.

Posisi yang ditempati Rashford ini membuat eksplosivitasnya tak keluar sama sekali, berbeda dengan saat dirinya ditaruh sebagai pemain nomor 7 di pos winger kiri.

Dengan cederanya Rasmus Hojlund, ada baiknya Ten Hag menempatkan penyerang lain di lini serang atau memainkan skema False 9 agar Rashford bisa beroperasi bebas di lini serang.