Liga 1

Bangganya Pelatih Persis Solo Bisa Kalahkan Bali United dengan Modal Pemain Akademi

Minggu, 20 Agustus 2023 12:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© MO Persis Solo
Duel pemain Bali United, Novri Setiawan dengan striker Persis Solo, Arkhan Kaka pada laga Liga 1 2023/2024 pekan kesembilan di stadion Manahan, Sabtu (19/08/23). Copyright: © MO Persis Solo
Duel pemain Bali United, Novri Setiawan dengan striker Persis Solo, Arkhan Kaka pada laga Liga 1 2023/2024 pekan kesembilan di stadion Manahan, Sabtu (19/08/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, bangga para pemain akademi tampil moncer dan bisa ikut mengalahkan Bali United 3-1 di Stadion Manahan, Sabtu (19/08/23). Raihan tiga poin jadi modal kuat bersaing di Liga 1 2023-2024.

Persis Solo sejatinya dalam situasi sulit saat melawan Bali United. Ada deretan nama penting yang harus absen, yakni Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, Kanu Helmiawan, David Rodriguez, Alexis Messidoro dan Gavin Kwan Adsit.

Persis Solo menyikapi hal itu dengan menampilkan para pemain muda. Arkhan Kaka Purwanto yang baru berusia 15 tahun 11 bulan dipasang dari menit pertama.

Arkhan tampil 91 menit dengan berperan atas penalti yang menjadi gol kedua Persis Solo. Pergerakan liarnya dijatuhkan bek Bali United, Ardi Idrus.

Selain Arkhan Kaka, Persis Solo juga memainkan Faqih Maulana (18 tahun), Rifqi Ray Farandi (19 tahun) dan Althaf Indie Fahrezi (20 tahun).

Tenaga luar biasa para pemain yang dipromosikan dari akademi Persis Youth ini sangat efektif dalam memanfaatkan kelelahan Bali United.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, bangga dengan performa yang ditunjukkan para pemain muda. Arkhan Kaka dkk. bisa mengimbangi seniornya dalam melawan Bali United.

"Menurut saya empat pemain dari akademi adalah yang terbaik karena mereka telah bekerja dengan kuat dan keras. Mereka pemain yang bagus sekali," ucap Leonardo Medina usai pertandingan.

Leo Medina tak memiliki keraguan ketika menurunkan para pemain muda. Bagi Arkhan Kaka, laga ini menjadi momen pertamanya bermain dari menit pertama di Liga 1 2023-2024.

Di bangku cadangan, Leo Medina juga memasukkan nama Marcell Januar dan I Gusti Made Rendy Sanjaya. Kedua nama ini juga ditempa Persis Youth sejak 2021 lalu.

"Saya percaya mereka bisa bermain dengan bagus. Saya percaya mereka paham dan mengerti game all in serta identitas kita," tutur Leo Medina.

"Saya senang dan mengucapkan terima kasih pada pemain muda karena mereka bermain dengan identitas Persis Solo, game all in Persis," imbuh Leo Medina.

Hal sama juga diungkapkan gelandang Persis Solo, Sutanto Tan. Performa pemain muda yang turut membantu tim bisa menang merupakan hal membahagiakan bagi stakeholder Persis Solo.

"Saya sangat bangga dengan anak-anak dari akademi yang seperti disampaikan coach, tapi bukan di situ saja, saya ingin mengucapkan selamat pihak yang mendukung. Termasuk ofisial, pelatih, pemain yang sudah bekerja keras minggu ini," ungkap Sutanto Tan.

Pria yang turut mengantarkan Bali United jadi juara Liga 1 2019 ini ingin hasil manis ini berlanjut di pertandingan selanjutnya. Persis Solo butuh poin agar naik lagi di klasemen Liga 1 2023-2024.

"Bukan hanya di sini saja, masih ada beberapa pertandingan yang kita fokuskan. Sekarang kita akan bermain away. Di situ kita harus mendapatkan poin lagi," tegas Sutanto Tan.

Berkat tambahan tiga poin, Persis Solo kembali masuk ke zona sepuluh besar Liga 1 2023-2024. Laskar Sambernyawa mengantongi 12 poin dari 9 pertandingan.

Setelah ini, Persis Solo akan menjalani laga tandang ke Stadion B.J.Habibie, Parepare, melawan tuan rumah PSM Makassar, Senin (28/8/23) mendatang.