In-depth

Mengingat Starting XI Liverpool di Laga Perdana Era Premier League

Minggu, 20 Agustus 2023 15:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Richard Sellers/Soccrates/Getty Images
Liverpool menjadi salah satu klub yang berpartisipasi di Liga Inggris era Premier League sejak 1992. Foto: Richard Sellers/Soccrates/Getty Images. Copyright: © Richard Sellers/Soccrates/Getty Images
Liverpool menjadi salah satu klub yang berpartisipasi di Liga Inggris era Premier League sejak 1992. Foto: Richard Sellers/Soccrates/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Liverpool menjadi salah satu klub yang berpartisipasi di Liga Inggris era Premier League sejak 1992.

Tentu saja, The Reds bukan kontestan sembarangan jika menilik sepak terjangnya sebelum format berganti pada 1992/1993 tersebut.

Sepanjang sejarahnya, The Reds merupakan langganan juara First Division dan terakhir kali memenangkan gelar pada 1989/1990 - pada saat itu.

Saat musim inagurasi Premier League, Liverpool memainkan laga perdananya menghadapi Nottingham Forest di City Ground, pada 16 Agustus 1992.

Mereka pun berhasil memenangkan laga dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Teddy Sheringham.

Lantas, siapa saja pemain yang tampil sebagai starting line up di pertandingan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

David James

Rekrutan baru yang melakoni laga debut kala itu setelah didatangkan dari Watford pada Juli 1992.

Semasa bermain untuk Liverpool, ia sempat merasakan persaingan di pos penjaga gawang dengan Bruce Grobbelaar.

Meski begitu, David James merupakan salah satu anggota ‘geng’ Spice Boys yang terkenal di Liverpool, bersama Jamie Redknapp dkk.

Ia hengkang dari Liverpool pada 1999 dan bergabung dengan Aston Villa, hingga akhirnya menutup karier di level klub bersama Kerala Blasters pada 2014.

David Burrows

Mantan pemain yang dulunya berposisi sebagai bek kiri ini diketahui mengakhiri kariernya pada 2003 karena masalah cedera yang berkepanjangan.

Setelah angkat kaki dari Liverpool pada 1993, ia sempat membela sejumlah klub di Inggris sebelum pindah ke Prancis bersama keluarganya.

Menurut penelurusan Planet Football, David Burrows mengisi hari-harinya dengan bermain sepak bola di klub amatir dan bekerja sebagai pelayan.

Steve Nicol

Sosok yang satu ini masih sering terlihat batang hidungnya di layar televisi lantaran bekerja sebagai pandit sepak bola.

Ia hengkang dari Liverpool ke Notts County pada 1995 sebagai pemain-pelatih hingga pindah ke Amerika Serikat pada 1999.

Mark Wright

Masalah kebugaran memaksa sosok yang satu ini pensiun dini pada 1998 dalam balutan seragam Liverpool.

Setelah gantung sepatu, Mark Wright melanjutkan kariernya sebagai pelatih dan menangani sejumlah klub seperti Oxford United dan Chester City.

Nicky Tanner

Sempat berpindah posisi dari gelandang tengah menjadi bek setelah direkrut Liverpool pada 1988. Ia bertahan di skuad The Reds hingga 1994 lalu memutuskan pensiun.

Setelah selesai dengan kehidupan sepak bola, Nicky Tanner bekerja di perusahaan asuransi dan menjadi ahli fantasy football.