In-depth

Rekrut 3 Pemain Tua Termasuk Wataru Endo, Transfer Tak Lazim Liverpool Era FSG

Minggu, 20 Agustus 2023 12:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bundesliga
Rekrutan anyar Liverpool, Wataru Endo. Copyright: © Bundesliga
Rekrutan anyar Liverpool, Wataru Endo.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, era Fenway Sports Group (FSG), tidak terlalu sering terdengar gaungnya di bursa transfer pemain.

Bukannya tidak banyak merekrut amunisi baru, klub asal Merseyside tersebut dikenal tidak pernah jor-joran saat belanja.

Sejauh ini, pemain termahal mereka saja hanya berada di rentang 80 jutaan poundsterling. Angka itu sempat akan dipecahkan Moises Caicedo beberapa waktu lalu namun gagal.

Menyusul kegagalan mendatangkan pemain Brighton tersebut, Liverpool pun merekrut Wataru Endo dari klub Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart.

Kedatangannya pun menjadi kabar kejutan bagi publik sepak bola, dan tidak sedikit yang berspekulasi sang pemain adalah punic buying The Reds setelah kagagalan Romeo Lavia dan Moises Caicedo.

Wataru Endo sendiri sudah dimainkan Jurgen Klopp di pertandingan kontra Bournemouth pada pekan kedua Liga Inggris, Sabtu (19/08/23).

Ia masuk menggantikan Cody Gakpo pada menit ke-62 namun belum nampak nge-klik dengan rekan-rekan anyarnya di Liverpool.

Wataru Endo adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Akan tetapi, ia juga bisa dipasang di pos bek tengah.

Hanya saja, dari 133 penampilannya untuk VfB Stuttgart, ia hanya dua kali bermain di posisi tersebut - yang nampaknya tidak akan ia mainkan juga di Liverpool.

Terlepas dari proses adaptasi Wataru Endo yang mungkin akan memakan waktu, perekrutannya juga menjadi tanda tanya besar bagi sebagian publik sepak bola.

Pasalnya, usia sang pemain kini sudah menginjak 30 tahun dan selama ini Liverpool termasuk jarang mendatangkan rekrutan baru yang berusia agak uzur.

“Ya, Anda tahu kalau secara tradisional tidak begitu. Pemilik ingin 200 pertandingan di usia 20-an dan itu sangat sulit,” ujar Jurgen Klopp seperti diwartakan Liverpool Echo.

Meski begitu, pelatih asal Jerman tersebut punya sudut pandangnya sendiri. Ia juga punya alasan kuat mendatangkan Wataru Endo ke skuadnya.

“Saya tahu waktu terbaik untuk pesepak bola adalah 27 hingga 33 tahun dalam karier yang normal,” ucapnya.

“Tentu saja tergantung cedera atau tidak. Itulah kenapa saya tidak perlu mengubah apa pun dan dia [Endo] sudah ada di daftar saya sejak awal, sekarang dia di sini,” tambahnya lagi.

Sebagai informasi, Wataru Endo merupakan pemain tertua ketiga yang direkrut Liverpool era Fenway Sports Group (FSG).

Sebelumnya, Liverpool sempat merekrut Ragnar Klavan pada usia yang sama pada musim panas 2016. Lalu ada pula Rickie Lambert, 32 tahun, pada 2014.