Liga 1

Alasan Teco Usai Bali United Kalah Telak Lagi di Markas Persis Solo

Senin, 21 Agustus 2023 11:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Bali United
Pelatih Bali United di liga 1, Stefano Cugurra Teco. (Foto: MO Bali United) Copyright: © MO Bali United
Pelatih Bali United di liga 1, Stefano Cugurra Teco. (Foto: MO Bali United)

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengungkap dua kesalahan yang membuat timnya kalah 1-3 di Stadion Manahan, Sabtu (19/08/23). Kesalahan itu dimanfaatkan Persis Solo untuk meraih kemenangan ketiga di Liga 1 2023-2024.

Bali United harus pulang dengan tangan hampa saat bertandang ke Kota Solo. Persis Solo yang tampil tanpa enam pilar inti sukses memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Bali United.

Tiga gol Laskar Sambernyawa dicetak Diego Bardanca menit ke-39, Fernando Rodriguez menit ke-63 dan Arapenta Poerba menit ke-90+3. Bali United hanya bisa membalas satu gol lewat Jefferson Assis menit ke-50.

Teco menilai timnya sebenarnya bisa tampil bagus sejak menit pertama. Sebelum Bardanca mencetak gol, tuan rumah nyaris tak membuat Adilson Maringa bekerja keras.

Kesalahan kemudian dilakukan Bali United saat mengantisipasi sepak pojok Moussa Sidibe. Bardanca dibiarkan tanpa kawalan hingga sukses mengarahkan bola ke pojok kanan gawang Bali United.

"Mereka bisa cetak gol dari bola mati. Kita kurang fokus buat marking saat lawan mendapat bola mati," kata Teco.

Bali United melakukan perubahan strategi setelah tendangan penalti Fernando Rodriguez berbuah gol. Teco mengatakan timnya harus bermain terbuka untuk mengejar gol.

Namun, dalam upaya mendapat gol penyama kedudukan, Teco menyebut timnya melakukan kesalahan lagi. Arapenta Poerba berdiri bebas saat melepaskan sepakan ke pojok kiri gawang Maringa.

"Mereka bisa cetak gol ketiga dari kesalahan kita," ujar Teco.

Pelatih asal Brasil ini menilai duet Jajang Mulyana dan Ryuji Utomo tampil bagus. Tak ada pengaruh besar atas absennya Elias Dolah yang pulang ke negaranya karena sang ibunda meninggal dunia.

"Dolah pemain bagus di dalam tim. Dia pemain penting. Tapi saya pikir dua center kita main bagus juga. Saya pikir tidak ada masalah di belakang. Mungkin kesalahan (tim) saat gol ketiga dan dari bola mati," ungkap Teco.

Kekalahan ini membuat gawang Bali United jebol delapan kali dalam dua pertandingan. Sebelum ini, Bali United dihajar wakil Hongkong, Lee Man FC, 1-5 pada preliminary stage Liga Champions Asia.

"Ya, kita kebobolan terlalu banyak gol. Tapi seperti yang saya bilang, mereka tidak punya peluang sama sekali sebelum cetak gol pertama. Seharusnya kita bisa marking bagus saat bola mati," jelas Teco.

Bisa jadi kekalahan atas Lee Man FC serta perjalanan jauh dari Hongkong membuat Bali United tampil kurang bertenaga dan kehilangan fokus dalam beberapa momen.

Rombongan tim Bali United baru tiba di Kota Solo pada Jumat (18/08/23) siang. Mohammed Rashid yang biasanya tampil dari menit pertama, baru dimainkan pada menit ke-67.

Winger Bali United, Rahmat Arjuna, yang mencetak assist atas gol Jefferson Assis turut mengamini hal tersebut. Namun, timnya akan berusaha bangkit setelah kekalahan ini.

"Mungkin itu jadi penyebab juga, tapi kita sudah kerja keras. Kita akan kerja keras lagi di latihan," ucap Rahmat Arjuna.

Kekalahan ini membuat Bali United harus rela turun ke posisi tujuh pada klasemen sementara Liga 1 2023-2024. Bali United mengoleksi 14 poin atau terpaut lima poin dari Madura United yang ada di puncak klasemen.