In-depth

Analisa Debut Bencana Moises Caicedo untuk Chelsea, Haruskan Fans The Blues Panik?

Senin, 21 Agustus 2023 12:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Matthew Childs
Moises Caicedo punya debut untuk Chelsea di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 yang patut dilupakan. Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Moises Caicedo punya debut untuk Chelsea di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 yang patut dilupakan.

INDOSPORT.COM - Moises Caicedo punya debut untuk Chelsea di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 yang patut dilupakan.

Tidak cuma harus menyaksikan The Blues digulung 3-1 di kandang West Ham United saja, ia pun ikut bertanggung jawab atas kenapa tim tamu bisa kalah sedemikian telak.

Mengingat masa adaptasinya pasca transfer senilai 115 juta Pounds dari Brighton & Hove Albion masih terus berjalan, wajar Caicedo tidak langsung menjadi starter di London Olympic Stadium pada Minggu (20/08/23) malam lalu.

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, mempertahankan kombinasi Connor Gallagher, Enzo Fernandez, dan Carney Chukwuemeka di lini tengah yang juga dipasang kontra Liverpool pekan lalu.

Sayangnya trio tersebut meski relatif dominan namun tidak cukup kuat sehingga Caicedo harus memasuki lapangan di menit ke-61 dalam keadaan Chelsea tertinggal 2-1.

Menggantikan Chukwuemeka, Caicedo sebenarnya bisa menunjukkan sejumlah statistik positif.

Menurut catatan WhoScored, gelandang bertahan Ekuador membawa banyak energi ke lini tengah dengan menuntaskan 1 dribel, 2 duel udara sukses, 2 tekel bersih, serta akurasi umpan 84% namun beberapa kali sejumlah eror juga ia tunjukkan.

Selain 8 kali kehilangan bola, Caicedo juga membuat blunder yang berujung pada jalan lapang untuk Pablo Fornals nyaris mencetak gol di menit pertama injury time.

Beruntung Robert Sanchez masih bisa melakukan penyelamatan pada tembakan yang mengikuti namun sepertinya nasib masih belum mau meloloskan Moises Caicedo dari kesialan.

Pasalnya tiga menit kemudian pemain 21 tahun tersebut membuat kesalahan yang lebih fatal dengan menjatuhkan Emerson Palmieri di kotak penalti sehingga West Ham mendapatkan kesempatan membunuh pertandingan.

Lucas Paqueta yang maju sebagai algojo kemudian menjalan tugasnya dengan baik dengan mengemaskan gol ketiga bagi tuan rumah sekaligus memberikan debut diwarnai bencana untuk Caicedo di Chelsea.

Tidak ayal setelah laga Caicedo kemudian menjadi bahan bulan-bulanan massa terutama di media sosial.

Chelsea dianggap telah melakukan kesalahan dengan menjadikannya pemain termahal di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Kalah dan memberikan pada lawan jelas bukan performa debut dari pemain dengan hype sebesar Caicedo terutama dengan banderol 115 juta Pounds miliknya.

Hanya saja rasanya tidak adil harus menghakimi kebijakan Chelsea serta kemampuan Caicedo dari satu laga saja. Berikut sejumlah alasan kenapa Si Biru dan para pendukungnya tidak perlu cemas untuk saat ini.