Liga 1

Marcelo Rospide Kecewa Berat dengan Cara Persik Kediri Dikalahkan Barito di Liga 1

Senin, 21 Agustus 2023 11:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Persik Kediri
Marcelo Rospide tak bisa menyembunyikan rasa kecewa selepas Persik Kediri gagal mewujudkan target mencuri poin pada laga away Liga 1 di markas Barito Putera. Copyright: © MO Persik Kediri
Marcelo Rospide tak bisa menyembunyikan rasa kecewa selepas Persik Kediri gagal mewujudkan target mencuri poin pada laga away Liga 1 di markas Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Marcelo Rospide tak bisa menyembunyikan rasa kecewa selepas Persik Kediri gagal mewujudkan target mencuri poin pada laga away Liga 1 di markas Barito Putera.

Persik Kediri takluk dengan skor 0-2 saat menantang tim tuan rumah pada pekan ke-9 Liga 1 2023/2024 di Stadion Demang Lehman Martapura, Sabtu (19/08/23).

Kekecewaan Marcelo Rospide, tak terlepas dari cara anak asuhnya menelan kekalahan. Bagaimana laga berjalan tak seimbang gara-gara kartu merah.

"Ketika permainan 11 melawan 11 pemain, tidak ada masalah. Tapi muncul masalah besar setelah (kartu merah) itu," ucap dia saat post-match press conferrence.

Momen itu terjadi ketika Vava Mario Yagalo harus mandi lebih cepat, imbas dua kali kartu kuning pada menit 23 dan 38. Dia dikartu merah oleh wasit Bangkit Sanjaya.

Bersamaan dengan itu, Barito Putera memimpin laga. Sepakan penalti striker asal Brasil, Gustavo Tocantins melaju mulus ke gawang Kartika Ajie.

Bermain dengan 10 pemain selama sepertiga laga, jelas menjadi mimpi buruk Persik. Makan Konate akhirnya mengunci kemenangan Barito dari shooting menit 87'.

"Tentu, kekalahan ini membuat saya sangat kecewa. Pertandingan ini berjalan sangat tidak adil untuk kami," beber pelatih Persik Kediri asal Brasil itu.

Marcelo Rospide memang tak menyebut secara spesifik hal yang membuatnya kecewa. Namun, besar kemungkinan kecewanya itu mengarah pada wasit karena kartu merah.

"Padahal, kami sejatinya bermain seimbang dengan Barito. Kami sudah berjuang sekuat tenaga, tapi hasilnya tanpa poin," ujar dia.

Tetap Bangga

Di sisi lain, Marcelo Rospide tetap bangga atas perjuangan anak asuhnya meski kekurangan satu pemain dalam merampungkan laga kontra Barito Putera.

Skema serangan balik yang cepat berjalan baik. Buktinya, Persik masih bisa melepaskan 12 shooting dengan 3 di antaranya mengarah ke gawang lawan.

"Performa semua pemain membuat saya bangga. Mereka berjuang lebih dan mengerahkan segenap kemampuan terbaik di lapangan," ungkap Marcelo Rospide.

"Mereka sangat menjiwai permainan selama di lapangan. Saya pikir itu jadi hal yang sangat penting," tambah Pelatih Persik Kediri kebangsaan Brasil tersebut.

Kekalahan 0-2 di markas Barito Putera Sabtu (19/08/23), lantas menghentikan tren positif Persik Kediri yang tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir di Liga 1.

Posisi Anderson Nascimento dkk juga hanya turun satu strip ke urutan 12 klasemen dengan 11 poin, hasil 3 kali menang, 2 kali imbang dan 4 kali kalah.

"Tentu saja, hasil ini tidak mengenakkan bagi tim. Mungkin kami akan perbaiki pada laga selanjutnya," timpal kapten tim Persik Kediri, Yusuf Meilana.