Liga 1

Manjakan Suporter, LIB Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Luar Negeri

Rabu, 23 Agustus 2023 05:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Virtualness pada acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (22/08/23). PT LIB menjalin kerjasama dengan Virtualness untuk membangun hubungan dengan fans sepak bola lewat layanan digital yang berbeda. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Virtualness pada acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (22/08/23). PT LIB menjalin kerjasama dengan Virtualness untuk membangun hubungan dengan fans sepak bola lewat layanan digital yang berbeda.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pengelola kompetisi Liga 1 2023/24 berkolaborasi dengan perusahaan Singapura, Virtualness yang merupakan platform digital AI generatif berbasis mobile untuk memanjakan suporter. 

Dengan kerja sama ini, Virtualness menyuguhkan pelayanan digital yang berbeda bagi penggemar sepak bola Indonesia. 

Sebagai penyedia eksklusif teknologi yang telah terintegrasi dengan Web3 dan Gen AI, pengguna platform digital canggih ini dapat mengoleksi, mengkomersilkan, hingga ‘berkreasi’ di momen yang dinilai penting Liga 1.

Virtualness juga menawarkan platform yang inovatif dan interaktif untuk selalu up-date dengan tim dan pemain favorit pengguna.

Direktur utama LIB, Ferry Paulus menyampaikan, kerja sama ini akan makin mendekatkan suporter dengan klub. 

“Kami selalu berinovasi untuk memenuhi keinginan penggemar sepak bola Indonesia,” kata Ferry Paulus, Selasa (22/08/23). 

“Kolaborasi kami dengan Virtualness untuk memanfaatkan teknologi inovatif yang mereka miliki selama ini. Kerja sama ini akan mempererat hubungan suporter, pendukung dengan klub-klub masing-masing,” tambahnya.

Chief of Business LIB, Budiman Dalimunthe mengatakan bahwa kerja sama ini tentu saja menjadi kesempatan bagus buat LIB agar lebih meningkatkan engagement.

Selain itu, bisa mengenalkan dan mempopulerkan Liga Indonesia dan klub Tanah Air ke dunia luar. Apalagi saat ini semuanya serba digital dengan menyasar generasi muda. 

"Mereka kan sebagian besar dari Meta dan buat LIB ini kesempatan yang bagus bekerja sama dengan perusahaan internasional dalam rangka meningkatkan engagement LIB dengan suporter atau fans klub Liga 1,” ujarnya. 

"Pasti, tentunya values-nya Liga Indonesia yang dikelola oleh operator (LIB) dengan beberapa klub besar yang ada akan makin terkenal, baik kompetisinya maupun klub-klubnya sendiri (lewat kerja sama ini)," tambah Budiman. 

Sementara itu, Kirthiga Reddy dan Saurabh Doshi selaku pendiri Virtualness menginformasikan pihaknya berusaha memanjakan penggemar sepak bola Indonesia. 

Sebelumnya, Virtualness juga berkolaborasi dengan Persija Jakarta. Misi yang sama pun, diusung ketika bekerja sama dengan PT LIB.

“Liga 1 dan Virtualness memiliki komitmen bersama. Kami memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan para penggemar. Dari kerja sama ini kami ingin memberikan pengalaman yang lebih bagi para penggemar,” kata Reddy.

"Virtualness meyakini bisa membuat sesuatu yang menyenangkan bagi seluruh penggemar. Mulai dari koleksi NFT eksklusif, hadiah yang menarik, hingga beragam game,"

"Itu semua kami suguhkan untuk para penggemar olahraga di Indonesia,” tuntas Joyee Biswas, selaku Head of Sports & Media Virtualness.