Liga 1

4 Pemain Lokal Persib Tampil Apik Memikat Bojan Hodak Saat Pilar Penting Absen

Kamis, 24 Agustus 2023 18:07 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak dalam konfrensi pers usai pertandingan melawan Barito Putera. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Bojan Hodak dalam konfrensi pers usai pertandingan melawan Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Empat pemain lokal Persib Bandung memikat Bojan Hodak, karena penampilan apiknya saat beberapa pilar andalan skuad Maung Bandung absen, khusus pada pertandingan Liga 1 2023-2024 menghadapi PSIS Semarang.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (20/08/23), beberapa pemain tidak dapat bertanding karena alasan yang berbeda, mulai dari cedera hingga pemanggilan Timnas Indonesia U-23.

Pemain yang absen karena mengalami cedera di antaranya, Dedi Kusnandar dan ujung tombak Persib Bandung, David da Silva, kemudian Ciro Alves dan I Putu Gede mendapatkan sanksi larangan bertanding.

Kemudian, Beckham Putra Nugraha dan Robi Darwis harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Sehingga, pada pertandingan menghadapi PSIS, skuad Maung Bandung menurunkan komposisi pemain yang berbeda dari sebelumnya.

Beberapa pemain yang mendapat kesempatan bermain, karena absennya beberapa pilar skuad Maung Bandung, di antaranya dua pemain muda Kakang Rudianto dan Arsan Makarin.

Pertandingan pekan kesembilan kompetisi Liga 1 2023-2024, menjadi debut bagi keduanya di musim ini. Pasalnya, sebelumnya mereka duduk di bangku cadangan bahkan beberapa laga tidak masuk dalam daftar susunan pemain (DSP).

Kakang Rudianto, tampil sebagai starter pada pertandingan menghadapi PSIS, bahkan pemain yang sempat bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 ini bermain penuh.

Sedangkan Arsan Makarin, pada pertandingan yang berakhir untuk kemenangan Persib 2-1 atas PSIS, masuk di babak kedua menit 61 menggantikan peran Frets Butuan.

Selain itu, Arsan juga mengalami luka di bagian kepala hingga mengeluarkan darah, setelah berbenturan dengan penjaga gawang PSIS Semarang, Adi Satryo. 

Melihat kondisi yang dialami oleh Arsan, Bojan Hodak memutuskan untuk menarik keluar pemain yang menggunakan nomor punggung 70 ini saat memasuki injury time untuk digantikan Rezaldi Hehanusa.

Penampilan Kakang Rudianto dan Arsan Makarin, memikat pelatih Persib, Bojan Hodak. Pasalnya, keduanya mampu menjawab kepercayaan yang diberikan oleh dengan baik.

Selain kedua pemain tersebut, pelatih asal Kroasia ini juga memuji penampilan kedua pemain lainnya yang mendapat kesempatan bermain pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang, yakni Ryan Kurnia dan Frets Butuan.

Menurut Bojan, Ryan Kurnia dan Frets Butuan mampu menjawab kepercayaan yang diberikan olehnya dengan baik, meskipun mereka bermain dengan durasi waktu yang berbeda satu sama lain.

Sebagai informasi, Frets Butuan tampil sebagai starter dan digantikan oleh Arsan Makarin saat memasuki menit 61. Sedangkan Ryan Kurnia, masuk di menit 76 menggantikan posisi Ezra Walian.

"Bukan hanya mereka, tapi ada 3-4 pemain lainnya yang bisa menambah kedalaman tim, memanfaatkan kesempatan yang diberikan," kata Bojan Hodak.

"Ryan bermain bagus di 10 menit akhir, Frets juga bermain bagus, jadi bagus ada pemain yang tampil bagus ketika diturunkan dan saya tentu saja memperhitungkan mereka," ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, kesempatan bermain yang diberikan olehnya dengan baik, sehingga jika mereka bisa menjaga konsistensinya tidak menutup kemungkinan di laga selanjutnya akan kembali diturunkan.

"Satu hal yang penting adalah mereka memainkan satu laga yang bagus dan terpenting bisa menjaga konsistensi di setiap pertandingan jika diberi kesempatan bermain," jelasnya.

Sementara itu, menjelang pertandingan pekan ke-10 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (26/08/23), Persib akan mendapatkan tambahan tenaga baru.

Pasalnya, Ciro Alves yang sebelumnya mendapatkan sanksi larangan bertanding, sudah bisa bermain. Begitupun dengan Dedi Kusnandar, yang sebelumnya mengalami cedera saat ini kondisinya sudah bugar.

Selain itu, beberapa pemain Persib lainnya yang sempat mengalami cedera kondisinya sudah bugar, sehingga Bojan Hodak memiliki banyak opsi untuk starting eleven.

"Bagus karena dua pemain sudah kembali, Dedi sudah pulih dari cedera dan Ciro juga sudah kembali dari hukuman, lalu beberapa pemain muda juga sudah pulih. Jadi saya punya lebih banyak pilihan untuk sebelas pemain pertama," tegasnya.