Liga Indonesia

PSKC Cimahi Kantongi Kandidat Pemain Asing untuk Liga 2 2023-2024

Selasa, 29 Agustus 2023 23:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol pemain PSKC Cimahi, Sukaraja, ke gawang PSDS. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol pemain PSKC Cimahi, Sukaraja, ke gawang PSDS.

INDOSPORT.COM - PSKC Cimahi sudah mengantongi kandidat pemain asing, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024 yang akan mulai bergulir pada 10 September mendatang.

Kepastian tersebut, disampaikan langsung oleh Presiden klub PSKC Cimahi, Rendra Soedjono. Meski demikian, dia belum mengungkapkan identitas pemain asing tersebut.

Namun, Rendra memastikan untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024, pihaknya akan memaksimalkan kuota pemain asing.

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menerapkan regulasi setiap tim boleh menggunakan dua pemain asing dengan komposisi satu dari negara bebas dan satu Asia.

"Saya gak bilang sudah ada tapi calonnya, sudah ada, kalau dibilang sudah ada belum bilang cuma calonnya sudah ada, pastinya dari Asia dan satunya lagi dari luar Asia," kata Rendra kepada INDOSPORT.

Sejauh ini, PSKC Cimahi sudah mengumumkan daftar pemain lokal untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024, mulai dari posisi penjaga gawang hingga striker.

Untuk posisi penjaga gawang, PSKC merekrut sebanyak empat pemain, satu di antaranya merupakan kiper senior yang sudah malang melintang di sepak bola Indonesia, Dwi Kuswanto.

Penjaga gawang berusia 38 tahun ini, tercatat sudah memperkuat beberapa klub di Indonesia di antaranya Persibo Bojonegoro, Deltras, Persikabo, Persiwa, Persela, Arema dan Borneo FC.

Kemudian di posisi bek, PSKC mengumumkan sebanyak tujuh pemain, salah satunya merupakan bek senior yang memiliki pengalaman di sepak bola Indonesia, Herry Susilo.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini, didatangkan PSKC dari Dewa United. Sebelumnya, dia sempat memperkuat beberapa klub di antaranya PSIS Semarang, Persiba Balikpapan, Kalteng Putra, PSIM Yogyakarta, dan Persijap Jepara.

Sedangkan di posisi gelandang, PSKC mengumumkan sebanyak tujuh pemain, salah satunya Suhandi. Pemain berusia 31 tahun ini, sebelumnya sempat memperkuat PSMS Medan, PSS Sleman, Badak Lampung FC dan Dewa United.

Pada posisi striker, PSKC Cimahi mengumumkan empat pemain, yakni Imanuel Sayuri, Rishadi Fauzi, Selamet Budiono dan Sugeng Efendi. 

Seluruh pemain tersebut, diumumkan oleh PSKC melalui akun media sosial klub, mereka diperkenalkan secara bertahap, termasuk staf pelatih.

Setelah posisi kiper, bek, gelandang dan striker tinggal posisi pemain asing yang belum diumumkan oleh PSKC Cimahi untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024.

Rendra Soedjono, membeberkan alasan mengumumkan staf pelatih dan pemain melalui akun media sosial klub. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu cara timnya mengikuti perkembangan teknologi.

"Kita mencoba untuk medsos kita sebagai corong, walaupun kita punya media officer, bagi kita terlalu repot kalau dikit-dikit kita harus melakukan rilis apa," kata Rendra Soedjono.

"Bagi kita, ini sudah zaman modern, sudah mau jadi sepak bola modern dan yang pasti komunikasinya promosinya modern," jelasnya menambahkan.

Sejauh ini, PSKC Cimahi sudah menggelar latihan termasuk melakoni uji coba, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024.