Liga Champions

Dapat Grup Mudah di Liga Champions, Manchester City Difavoritkan Juara Lagi

Jumat, 1 September 2023 14:42 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Molly Darlington
Pemain Manchester City menjuarai Liga Champions usai mengalahkan Inter Milan di final. (Foto: REUTERS/Molly Darlington) Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Pemain Manchester City menjuarai Liga Champions usai mengalahkan Inter Milan di final. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, dijagokan kembali memenangi Liga Champions usai mendapat grup mudah.

Acara drawing alias pengundian fase grup Liga Champions 2023/2024 telah dilangsungkan pada Kamis (31/08/23) malam WIB. Sebanyak 32 klub kontestan telah dibagi ke dalam 8 grup.

Bisa dibilang, Grup F adalah grup yang paling sengit karena berisikan klub-klub dengan nama besar seperti AC Milan, Paris Saint-Germain, Newcastle United, dan Borussia Dortmund.

Perjuangan berat harus dilalui keempat tim yang tergabung dalam Grup F untuk mengamankan dua tiket ke babak selanjutnya. Masing-masing memiliki peluang yang sama untuk melakukannya.

Bertolak belakang dengan yang dialami AC Milan, PSG, Dortmund, dan Newcastle, undian cukup mudah didapat klub juara bertahan Liga Champions, Manchester City.

Skuat asuhan Pep Guardiola tergabung dalam Grup G bersama RB Leipzig, FK Crvena Zvezda, dan Young Boys. Sebagai juara bertahan, Man City tentunya diprediksi akan dengan mudah lolos ke fase gugur.

Tak hanya lolos dari fase grup, The Analyst bahkan memprediksi Man City berpeluang mempertahankan gelar mereka pada musim ini. Hal ini tak lepas dari status Man City sebagai klub terbaik dunia berdasarkan Opta Power Rankings.

Menurut prediksi tersebut, Man City, dengan nilai Opta Power 100, akan dengan mudah mengatasi perlawanan klub-klub dari Grup G, yang memiliki nilai rata-rata Opta Power 89,3.

The Analyst juga memprediksi persentase Man City lolos dari masing-masing babak. Hasilnya sendiri cukup mencengangkan.

Skuat asuhan Pep Guardiola bahkan mencatat persentase 98,8% untuk lolos dari fase grup, tertinggi dibandingkan klub-klub lainnya. Lantas, bagaimana dengan peluang Man City di babak-babak selanjutnya?