In-depth

Ryan Gravenberch ke Liverpool, Bisa Bikin Jurgen Klopp Pusing di Liga Europa

Jumat, 1 September 2023 12:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Satish Kumar
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar. Copyright: © REUTERS/Satish Kumar
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Ryan Gravenberch bisa menambah PR Jurgen Klopp dan Liverpool di Liga Europa (Europa League).

Ya, nama Ryan Gravenberch belakangan masih santer dikaitkan dengan Liverpool, terlebih jelang akhir penutupan bursa transfer musim panas.

Ia muncul sebagai salah satu kandidat rekrutan untuk posisi gelandang, yang belum lama ini ditinggal cukup banyak pemain.

Liverpool sejauh ini memang tidak banyak beraktivitas di bursa transfer meski beberapa kali dikaitkan dengan pemain-pemain tertentu.

Apesnya, para pemain tersebut malah merapat ke klub rival, yang paling heboh Romeo Lavia dan Moises Caicedo.

Sementara itu, Benjamin Pavard yang juga sempat dikaitkan untuk mengisi pos bek tengah akhirnya mendarat di Inter Milan.

Ryan Gravenberch bukan nama baru di daftar transfer Liverpool. Di bursa transfer kali ini, peminatnya pun terbilang cukup banyak.

Namun dari sejumlah kabar yang beredar, Liverpool disebut-sebut sebagai pihak terdepan dalam perburuan pemain muda Bayern Munchen tersebut.

Jelang penutupan bursa transfer musim panas yang tinggal beberapa jam lagi, sang target kabarnya akan segera melakukan tes medis.

Keberadaan Ryan Gravenberch dengan skill dan usia mudanya tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Liverpool.

Namun di sisi lain, ia juga bisa menjadi sumber kepusingan Jurgen Klopp di kompetisi Liga Europa yang akan diikuti Liverpool musim ini.

Ryan Gravenberch yang berusia 21 tahun, masih bisa diklasifikasikan sebagai pemain U-21 di Premier League, dan tidak akan ada masalah yang muncul dari situasi ini.

Akan tetapi, sedikit berbeda di Liga Europa, di mana ia harus dimasukkan ke slot pemain luar negeri.

Kondisi ini pun terbilang cukup pelik karena salah satu pemain muda potensial The Reds, Ben Doak ,bisa tersingkir dari skuad.