In-depth

5 Rekrutan Paling Mahal di Bursa Transfer Musim Panas 2023: Caicedo dan Rice Naikkan Gengsi DM

Sabtu, 2 September 2023 10:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Matthew Childs - Andrew Boyers
Bursa transfer musim panas 2023 untuk klub-klub liga top Eropa akhirnya resmi ditutup bersamaan dengan berakhir bulan Agustus. (Foto: REUTERS/Matthew Childs - Andrew Boyers) Copyright: © REUTERS/Matthew Childs - Andrew Boyers
Bursa transfer musim panas 2023 untuk klub-klub liga top Eropa akhirnya resmi ditutup bersamaan dengan berakhir bulan Agustus. (Foto: REUTERS/Matthew Childs - Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM - Bursa transfer musim panas 2023 untuk klub-klub liga top Eropa akhirnya resmi ditutup bersamaan dengan berakhir bulan Agustus.

Liga Inggris kembali menjadi liga terboros meski tidak lagi mendominasi lima pembelian termahal.

Menurut data dari Transfermarkt, 20 kesebelasan Liga Inggris 2023/2024 secara kolektif mengeluarkan 2,7 miliar Euro atau lebih dari 45 triliun Rupiah.

Ini jauh mengungguli empat kompetisi top lain yang bahkan tidak satupun yang menghabiskan lebih dari 1 miliar Euro.

Liga Prancis jadi rival boros terdekat dengan pengeluaran 900 juta Euro yang tentu saja disebabkan royalnya Paris Saint-Germain (PSG) dalam berbelanja.

Meski banyak melakukan pembelian, namun Liga Inggris juga tetap bisa mendatangkan keuntungan yang tidak kecil dalam hal menjual aset-aset mereka.

Masih menurut Transfermarkt, 1,4 miliar Euro (24,5 triliun Rupiah) dikeruk oleh para klub Premier League pada bursa transfer musim panas yang baru saja berakhir.

Lagi-lagi mereka jadi yang terbaik dalam kategori ini namun gap dengan liga-liga lain tidak terlalu jauh usai Liga Spanyol dan Liga Italia juga ikut menghasilkan 1 miliar Euro.

Boleh dibilang bursa transfer musim panas 2023 menjadi periode terboros sepakbola Eropa sepanjang sejarah jika tidak mengindahkan faktor inflasi.

Transfermarkt melaporkan jika ada empat pembelian yang menembus 100 juta Euro yang mana belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam satu dekade terakhir pasar pemain memang semakin di luar akal dalam perihal banderol yang mana merupakan efek domino dari satu transfer mahal ke transfer mahal lainnya.

Ditambah lagi saat ini mereka yang dianggap sebagai komoditas panas bukan hanya pemain depan saja.

Para gelandang bertahan dan bek mulai dianggap sama pantasnya dengan para pencetak gol untuk dihargai selangit.

Tiga dari lima pemain termahal bursa transfer musim panas 2023 berikut ini adalah non-striker yang mana semakin menambah keunikan window terbaru.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT berikan daftarnya.