In-depth

Joe Gomez, Bek Terlupakan Liverpool yang Bersinar di Tengah Absennya Virgil van Dijk

Senin, 4 September 2023 10:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Joe Gomez (paling kiri) tampil impresif di tengah absennya Virgil van Dijk (paling kanan). Foto: John Powell/Liverpool FC via Getty Images. Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Joe Gomez (paling kiri) tampil impresif di tengah absennya Virgil van Dijk (paling kanan). Foto: John Powell/Liverpool FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Menepinya Virgil van Dijk ternyata membawa berkah tersendiri bagi Joe Gomez di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Untuk diketahui kembali, Virgil van Dijk belum lama ini dihadiahi kartu merah oleh wasit di laga kontra Newcastle United.

Buntutnya, ia pun terpaksa absen di sejumlah pertandingan The Reds termasuk saat bersua Aston Villa semalam.

Ketidakhadiran sang kapten, tentu saja berdampak cukup besar bagi The Reds di sejumlah aspek, apalagi di lini pertahanan mereka.

Ditambah lagi, cederanya Ibrahima Konate menambah runyam situasi di pos bek tengah dan membuat Joe Gomez dan Joel Matip harus bekerja ekstra keras.

Selama ini, Liverpool memang kerap mengandalkan kerja sama Virgil van Dijk dan salah satu partner di sektor bek tengah.

Ibrahima Konate biasanya yang mengisi posisi tersebut sembari bersaing dengan Joel Matip. Namun semalam, keadaannya sedang sulit karena keduanya tidak bisa dimainkan.

Jurgen Klopp pun pada akhirnya memasang duet Joe Gomez dan Joel Matip dan meletakkan Jarel Quansah di bangku cadangan.

Joe Gomez pun mencatat statistik yang menggembirakan dan membantu The Reds meraih clean sheet. Mereka menang tiga gol tanpa balas.

Ia membuat para penyerang Aston Villa kewalahan dan gagal menciptakan banyak peluang emas untuk mencetak gol.

The Claret and Blue hanya beberapa kali mencetak shot on target tanpa satu pun menjadi peluang besar. Angka xG mereka pun hanya berkutat di 0,69.

Selain itu, Joe Gomez juga jarang membuat kesalahan yang bisa menguntungkan Aston Villa maupun bersifat fatal untuk Liverpool.

Bek asal Inggris tersebut juga menampilkan permainan bola yang apik dengan 95% pass completion dan keakuratan attempted long ball.

Selain itu, sepanjang pertandingan ia juga mencatatkan 103 passes dan 121 touches, serta 75% aerials won per Sofascore.

“Permainan terbaik Joe Gomez untuk Liverpool setelah sekian lama. Dia tampil brilian hari ini,” tulis salah seorang jurnalis LFCTV, Neil Jones.

Meski jarang menjadi man of the match dan mendapat atensi publik, Joe Gomez di laga kontra Aston Villa membawa harapan besar bagi suporter The Reds.

Apalagi, di tengah absennya Virgil van Dijk, ini adalah kesempatan bagi pemain berusia 26 tahun tersebut untuk unjuk gigi.