In-depth

Awal Musim Kacau, Menilai Pemain yang Layak Dibuang Manchester United pada Musim Dingin

Selasa, 5 September 2023 13:06 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/David Klein
Reaksi pemain Manchester United Harry Maguire sangat kecewa saat timnya kalah atas Arsenal pada laga Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Senin (04/09/23). (Foto: REUTERS/David Klein) Copyright: © REUTERS/David Klein
Reaksi pemain Manchester United Harry Maguire sangat kecewa saat timnya kalah atas Arsenal pada laga Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Senin (04/09/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United masih berusaha untuk mendatangkan sejumlah pemain baru, tetapi mereka harus menjual pemain lama lebih dahulu siapa yang layak dibuang?

Manchester United masih belum lepas juga dari bayang-bayang performa buruk musim lalu, karena di awal musim baru ini mereka masih bermain mengecewakan.

Performa jelek Manchester United sudah terlihat sejak tim menjalani persiapan pramusim. Dari 8 pertandingan uji coba, mereka menelan 4 kekalahan, 1 kali imbang, dan hanya 3 kemenangan.

Catatan buruk itu ternyata berlanjut ketika kompetisi resmi sudah bergulir. Dari empat pertandingan awal di Liga Inggris, Setan Merah sudah menelan 2 kekalahan dan baru 2 kali meraih kemenangan.

Mirisnya, kekalahan itu diderita oleh Manchester United secara beruntun di dua pertandingan terakhir melawan tim besar, Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Mereka tunduk 2-0 dari Spurs dan 2-1 dari Arsenal. Artinya memang Manchester United masih belum bisa bersaing merebut gelar juara Liga Inggris musim ini, jika tak berdaya melawan tim-tim besar.

Alhasil mereka saat ini terlempar ke posisi 11 di papan klasemen Liga Inggris sementara dengan 6 poin. Pelatih Erik ten Hag pun dituntut segera melakukan evaluasi terhadap performa anak asuhnya.

Terutama bagi mereka yang penampilannya jauh dari top level ketika bermain. Sejatinya sudah ada beberapa nama yang nampaknya masuk kotak untuk dijual pada periode bursa transfer selanjutnya, musim dingin. Siapa saja?

Jadon Sancho

Belakangan ini nama Jadon Sancho tengah jadi buah bibir di sepak bola Inggris, menyusul dicoretnya dia dari skuad Manchester United yang dibawa ke London untuk menghadapi Arsenal pekan lalu.

Erik ten Hag beranggapan kalau Sancho sedang tidak dalam berada performa terbaik di sesi latihan, sehingga pria asal Belanda ini engga membawanya.

"Anda harus mencapai level tertentu setiap hari di Manchester United, agar kami bisa membuat pilihan untuk lini depan. Jadi, untuk pertandingan ini dia tidak dipilih," ujar Ten Hag.

Jadon Sancho jelas tidak terima dengan komentar Erik Ten Hag. Pemain Timnas Inggris itu merasa jadi kambing hitam atas kekalahan Manchester United pekan ini.

"Tolong jangan percaya semua yang Anda baca! Saya tidak akan membiarkan orang katakan hal-hal yang sepenuhnya tidak benar, saya telah melakukan latihan dengan sangat baik minggu ini," ungkap Sancho.

Keduanya pun ditengarai terlibat konflik internal. Bukan tidak mungkin Sancho bakal segera dilepas oleh Manchester United untuk meredam suasana kondusif timnya.

Sejauh ini, Jadon Sancho telah memainkan tiga pertandingan tetapi semuanya diawali dari bangku cadangan karena ia baru membuat total 76 menit bermain untuk Manchester United.