Liga Indonesia

Ada 32 Pemain Jalani Sesi Latihan Perdana Persipura di Bawah Asuhan Tony Ho

Rabu, 6 September 2023 09:58 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT/Sudjarwo
Suasana latihan Persipura bersama Tony Ho. Foto: INDOSPORT/Sudjarwo. Copyright: © INDOSPORT/Sudjarwo
Suasana latihan Persipura bersama Tony Ho. Foto: INDOSPORT/Sudjarwo.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Persipura Jayapura, Tony Ho, resmi mendampingi timnya berlatih di Lapangan Universitas Cenderawasih (Uncen), Kota Jayapura, Selasa (5/9/2023).

Sesi latihan perdana itu diikuti oleh sebanyak 32 pemain termasuk kiper lawas, Dede Sulaiman, yang baru saja tiba pagi tadi.

Sebanyak 32 pemain tersebut masih didominasi oleh wajah lama, di antaranya Tinus Pae, Yohanis Tjoe, Andri Ibo, Ronny Beroperay, Ramai Rumakiek, Ian Louis Kabes.

Lalu ada pula Yan Piet Nasadit, Elisa Basna, Gunansar Mandowen, Wulf Horota, Evraim Awes, Charenz Huwae, Fridolin Yoku, Eljo Iba, Joshua Isir, dan Marinus Wanewar.

Kemudian, beberapa pemain muda seperti Jason Armando, Gamalia Imbiri, John Pigai, Samuel Gwijangge, Alesandro, dan sejumlah pemain lainnya.

Pada sesi latihan perdana itu, Tony Ho mengasah pemahaman taktik timnya, mulai dari transisi dan juga sektor pertahanan.

"Sepak bola kan sebenarnya tidak ribet kita selalu mengenal dalam hal four moment, attacking, defending, transisi dan set piece,

"Saya coba menyelesaikan topik bagaimana kita bertahan secara keseluruhan," katanya.

Ia mengatakan, pada sesi latihan kedua, Rabu besok, timnya akan masuk pada skema menyerang.

"Sebaliknya pada latihan besok saya akan fokuskan ke attacking. Dan saya tahu untuk langsung memberikan pelajaran pengetahuan kepada pemain tidak mungkin bisa berubah instan, tapi saya lihat anak-anak mau berusaha," ujarnya.

Tony Ho kembali ke Persipura untuk ketiga kalinya. Ia pernah merasakan kesuksesan bersama tim Mutiara Hitam saat menjadi partner pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera mengantarkan Persipura sebagai kampiun ISC A tahun 2016.

Juga pernah menjadi asisten pelatih asal Inggris, Peter Butler, pada Liga 1 musim 2018/2019. Ia juga pernah menjadi pelatih kepala Persipura U-20.

Setelah tak lagi bersama Persipura, dia pernah menjabat sebagai asisten pelatih PSM Makassar dan terakhir menjadi juru taktik klub Liga 3 Jawa Timur, Persedikab Kabupaten Kediri.

Tony Ho hanya memiliki waktu empat hari sebelum melakoni laga pembuka Grup 4 Liga 2 di markas Kalteng Putra, Tuah Pahoe, Palangkaraya, 10 September 2023.

Persipura tergabung di Grup 4 pada kompetisi Liga 2 bersama PSBS Biak, Persewar Waropen, Sulut United, Persipal Palu, Kalteng Putra, dan Persiba Balikpapan.