In-depth

Pro Kontra Naturalisasi Jay Idzes, Bakal Untungkan Timnas Indonesia?

Kamis, 7 September 2023 11:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© (Photo by Peter Lous/Soccrates/Getty Images)
Mengupas pro kontra naturalisasi pemain keturunan, Jay Idzes, guna membela Timnas Indonesia yang akan bertarung di event-event bergengsi dalam waktu dekat. Copyright: © (Photo by Peter Lous/Soccrates/Getty Images)
Mengupas pro kontra naturalisasi pemain keturunan, Jay Idzes, guna membela Timnas Indonesia yang akan bertarung di event-event bergengsi dalam waktu dekat.

INDOSPORT.COM – Mengupas pro kontra naturalisasi pemain keturunan, Jay Idzes, guna membela Timnas Indonesia yang akan bertarung di event-event bergengsi dalam waktu dekat.

Belakangan ini sepak bola Tanah Air memang disibukkan dengan kabar bakal dinaturalisasinya Jay Idzes guna membela Timnas Indonesia.

Kabar ini diperkuat dengan sederet bukti, seperti pertemuan bek milik tim Italia, Venezia, itu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Bahkan, Erick Thohir juga telah mengkonfirmasi bahwa bek berusia 23 tahun itu akan menjadi pemain naturalisasi Indonesia selanjutnya.

“Selamat datang di Indonesia, Jay Idzes. Saat ini Jay bermain di Liga Italia, Venezia. Jay punya komitmen yang sama untuk membangun Timnas menjadi lebih baik. Bersama-sama kita ingin membawa Garuda Mendunia,” bunyi pernyataan Erick Thohir di Instagram.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Kabar ini pun menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, naturalisasi Jay Idzes bisa menambah kekuatan skuad Garuda jelang menghadapi event bergengsi dalam waktu dekat.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan bertarung di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan juga Piala Asia 2023 beberapa bulan mendatang.

Guna bisa berbicara banyak di dua event itu, tim Merah Putih membutuhkan para pemain berkualitas, termasuk para pemain keturunan di Eropa.

Jay Idzes pun bakal menjadi salah satu kekuatan yang dibutuhkan untuk bersaing di dua event tersebut dengan pengalamannya.

Akan tetapi, naturalisasi Jay Idzes sendiri belakangan juga menjadi pertanyaan besar pendukung Timnas Indonesia, terutama perihal urgensinya.

Di balik proses naturalisasi eks penggawa FC Eindhoven itu, terdapat beberapa pro dan kontra yang hadir dari sederet pertanyaan dalam keperluan naturalisasinya.

Apa saja pro kontra dalam proses naturalisasi Jay Idzes oleh PSSI untuk membela Timnas Indonesia di kemudian hari? Berikut ulasan INDOSPORT.