Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Komentari 'Messi Turkmenistan' dan Pede Kekuatan Timnas Indonesia U-23

Senin, 11 September 2023 15:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan saat menyapa suporter usai laga melawan Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong dan Manajer Tim, Endri Irawan saat menyapa suporter usai laga melawan Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di stadion Manahan Solo, Sabtu (09/9/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menilai Shamammet Hydyrow punya kemampuan bagus. Namun "Messi" Turkmenistan tak membuat optimisme Garuda Muda menurun.

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23), jadi penentu tim yang lolos babak utama Piala Asia U-23 2024 dari Grup K.

Indonesia untuk sementara memimpin grup K dengan tiga poin dan surplus sembilan gol. Sementara Turkmenistan menguntit di posisi kedua dengan tiga poin dan surplus empat gol.

Untuk mengunci tiket ke babak utama, Indonesia hanya butuh hasil seri saja. Meski begitu, menahan imbang tim yang lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-22 2022 juga bukan perkara mudah.

Shin Tae-yong berbicara tentang lini depan Turkmenistan yang cukup kuat. Salah satu nama paling spesial dari Turkmenistan adalah Shamammet Hydyrow yang posturnya lebih kecil dari pemain lain tetapi mencetak tiga gol ke gawang Chinese Taipei.

"Secara postur mereka terlihat lebih baik, apalagi saya nonton pertandingan pertama lawan Taipei, nomor sebelas punya skill baik dan pemain depan mereka secara keseluruhan baik," kata Shin Tae-yong.

Pelatih Korea Selatan ini tidak hanya memuji Shamammet Hydyrow. Shin juga berbicara tentang lini depan timnya yang tak kalah tajam. Sembilan gol ke gawang Chinese Taipei merupakan hal yang patut diapresiasi.

"Kita tinggal antisipasi saja agar tidak lengah. Kita pun punya pemain baik di depan, pasti akan bisa cetak gol dan bisa menang," jelas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong turut berbicara tentang status Indonesia sebagai tuan rumah. Ia sangat senang ketika Timnas U-23 mendapat dukungan penuh selama berada di Kota Solo dan saat melawan Chinese Taipei.

Dukungan itu menjadi salah satu kunci untuk mengalahkan Turkmenistan. Namun kembali lagi, Shin Tae-yong melihat potensi pertandingan yang akan berjalan sengit.

"Ini tidak gampang, tapi saya yakin bisa menjadikan pertandingan ini (hasil baik) bagi kita, karena ini home juga. Ada dukungan dari fans Indonesia. Apalagi kemampuan pemain Indonesia tidak kalah dari Turkmenistan," ungkap Shin Tae-yong.