Liga 1

Teka Teki Nasib Uston Nawawi Seiring Kedatangan Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau

Jumat, 15 September 2023 13:43 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih baru Persebaya Surabaya, Josep Gombau, sudah hadir di latihan rutin. Dia diprediksi bakal memimpin pada saat laga Derbi Suramadu Liga 1 Indonesia 2023/24 kontra Madura United.

Persebaya akhirnya merilis pelatih baru bernama Josep Gombau Balague. Pria asal Spanyol ini terlihat sudah memimpin latihan tim di Stadion Gelora 10 November, Kamis (14/9/23).

Hadirnya pelatih baru disambut gembira manajer Persebaya, Yahya Alkatiri, yang turut hadir dalam sesi latihan kemarin sore. Josep Gombau diklaim sudah didaftarkan ke operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Alhamdulillah pelatih baru sudah datang. Sudah didaftarkan sebelumnya. Semoga sebelum pertandingan besok sudah beres semua urusan dengan PT LIB,” kata Yahya kepada awak media.

Dengan adanya informasi ini, kemungkinan besar mantan pemandu bakat Barcelona itu bisa duduk di bangku cadangan Persebaya saat menjamu Madura United, Minggu (17/9/23).

Disinggung soal hal ini, Yahya Alkatiri belum dapat memberikan banyak keterangan apakah Josep Gombau langsung memimpin Persebaya dari tepi lapangan. “Iya, Insha Allah ikut juga,” jawabnya singkat.

Josep Gombau sendiri didatangkan Persebaya untuk mengisi posisi pelatih yang kosong semenjak ditinggalkan Aji Santoso. Kontraknya berlaku satu musim selama Liga 1 2023/24.

“Yang jelas Josep Gombau sudah kami patenkan semusim. Nanti kita lihat saja perkembangan berikutnya,” imbuh Yahya Alkatiri.

Keputusan manajemen Persebaya Surabaya menggaet Josep Gombau tak lain karena sesuai dengan program yang dijalankan Bajul Ijo. Mereka memang terkenal serius dalam urusan pembinaan pemain muda.

Hingga kini Persebaya cukup konsisten memunculkan bakat-bakat potensial yang berujung pemanggilan ke timnas Indonesia, salah satunya Marselino Ferdinan.

“Selain banyak pengalaman, ya menurut kami Josep Gombau ini cocok buat membangun Persebaya Surabaya secara keseluruhan,” ungkap Yahya.

Hadirnya Josep Gombau secara otomatis menggeser posisi Uston Nawawi yang sebelumnya menjabat sebagai pelatih interim. Manajer Persebaya sendiri belum bisa banyak berkomentar soal nasib sang asisten Aji Santoso.

Menariknya berdasarkan pengumuman resmi di Instagram klub, manajemen juga menunjuk Josep Gombau sebagai direktur teknik Persebaya, sehingga mereka punya dua dirtek untuk mengembangkan tim lebih baik lagi.

Kebijakan strategis ini dilakukan manajemen Bajul Ijo demi mengejar target menjuarai Liga 1 2023/24 yang tentu saja mendatangkan beban berat ke jajaran pelatih.