Liga 1

Prediksi Liga 1: Madura United vs Persebaya, H2H, Jadwal, Live Streaming

Sabtu, 16 September 2023 08:35 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi Pertandingan antara Madura United vs Persebaya Surabaya (RBI Liga 1). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi Pertandingan antara Madura United vs Persebaya Surabaya (RBI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Madura United akan menjamu Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-12 Liga 1 Indonesia 2023/24 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (17/9/23).

Pertandingan bertajuk Derbi Suramadu ini menjadi ajang sarat gengsi untuk kedua tim. Madura United sebagai tuan rumah pastinya tak ingin tampil melempem di hadapan puluhan ribu suporternya.

Terlebih, Laskar Sape Kerrab ini baru saja memenangi pertandingan terakhirnya dengan skor meyakinkan 3-1 atas Persita Tangerang pada pekan ke-11. Hasil ini membuat mereka makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 23 poin.

“Alhamdulillah Madura United hingga pekan ke-11  berada di puncak. Insha Allah kami berharap semua bahwa bakal konsisten sampai paruh kedua,” kata Dirut PT PBMB, Annisa Zhafarina Qosasi, dikutip dari situs resmi LIB, Jumat (15/9/23).

Sementara itu dari kubu seberang, Persebaya Surabaya sendiri juga tidak mau perjalanannya ke Pulau Garam sia-sia dengan tak memetik kemenangan.

Mereka berhasil memetik tiga poin di kandang sendiri sebelum terpotong jeda internasional. Persebaya menang tipis 2-1 atas Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Diketahui, Persebaya Surabaya mampu memetik hasil positif dalam lima laga terakhir di bawah asuhan pelatih interim Uston Nawawi. Perinciannya adalah empat kemenangan dan satu imbang.

Torehan ini membuat posisi tim berjuluk Bajul Ijo mulai merangsek di klasemen sementara Liga 1. Persebaya kini bertengger di urutan ke-6 dengan raihan 18 poin.

Uston Nawawi sebelumnya mengatakan sudah siap menghadapi Madura United. Bahkan latihan rutin yang digelar sudah mengarah ke pertandingan Derbi Suramadu akhir pekan nanti.

“Ya latihan persiapan lawan Madura United ya karena tinggal maksimalkan empat hari ini, Senin, Selasa, Rabu, Kamis. Jumat libur, Sabtu OT dan Minggu main,” bebernya.

"Madura United merupakan tim yang bagus dengan materi pemain-pemain berpengalaman.. Apalagi mereka di klasemen posisi satu. Mereka juga tidak pernah kalah di kandang,” jelas Uston Nawawi.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani; Arief Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, Reva Adi Utama; Song Ui-young, Andre Oktaviansyah, Ze Valente; Sho Yamamoto, Bruno Moreira, Paulo Victor
Pelatih: Josep Gombau

Madura United (4-3-3): Wawan Hendrawan; Koko Ari Araya, Cleberson, Fachrudin Aryanto, Novan Setya Sasongko; Francisco Rivera, Hugo Gomes, Lulinha; Jacob Mahler, Salim Tuharea, Jose Brandao.
Pelatih: Mauricio Souza

Player To Watch

Francisco Rivera (Madura United)

Gelandang asal Meksiko ini menjadi salah satu yang wajib diwaspadai lini belakang Persebaya. Naluri mencetak golnya tajam ketika di area kotak penalti.

Produktivitas Francisco Rivera dibuktikan dengan kesuksesannya membobol empat gol dari 11 penampilan bersama Madura United di Liga 1 2023/24.

Selain itu, posisinya sebagai gelandang juga berpeluang mengirimkan umpan-umpan matang kepada striker Madura United untuk mencetak gol sekaligus distribusi bola.

Bruno Moreira (Persebaya Surabaya)

Pemain berpaspor Brasil ini masih menjadi salah satu momok bagi lawan-lawanya di Liga 1 2023/24. Naluri mencetak golnya sudah tidak perlu diragukan lagi

Hal ini terbukti dengan lima gol yang sudah dikoleksi Bruno Moreira dari 10 kali penampilan. Gerakan menyusur lapangan menjadi salah satu kelebihan pemain bernomor punggung 99 ini.

Sehingga, setiap calon lawan Persebaya Surabaya mau tak mau harus mewaspadai pergerakan taktis Bruno Moreira di atas lapangan, baik dengan maupun tanpa bola.

Head To Head

(28/3/21) Madura United 1-2 Persebaya Surabaya
(20/11/21) Persebaya Surabaya 1-0 Madura United
(28/2/22) Madura United 1-2 Persebaya Surabaya
(14/8/22) Persebaya Surabaya 2-2 Madura United
(29/1/23) Madura United 0-2 Persebaya Surabaya

5 Laga Terakhir Madura United

(9/8/23) Rans Nusantara 3-1 Madura United
(13/8/23) Madura United 2-0 Persija Jakarta
(19/8/23) Persikabo 1973 0-3 Madura United
(25/8/23) Madura United 0-0 Bhayangkara FC
(1/9/23) Persita Tangerang 1-3 Madura United 

5 Laga Terakhir Persebaya Surabaya

(8/8/23) Bhayangkara FC 1-2 Persebaya Surabaya
(12/8/23) Persebaya Surabaya 1-0 Persita Tangerang
(18/8/23) Persebaya Surabaya 1-0 PSM Makassar
(26/8/23) PSS Sleman 0-0 Persebaya Surabaya
(3/9/23) Persebaya Surabaya 2-1 Borneo FC

Prediksi INDOSPORT

Madura menang: 60%
Imbang: 10%
Persebaya menang: 30%

Pertandingan Madura United vs Persebaya Surabaya di Stadion Bangkalan pada Minggu (17/9/23) besok bisa disaksikan melalui tayangan di Vidio dan disiarkan langsung oleh Indosiar mulai pukul 15.00 WIB.