In-depth

5 Catatan Negatif yang Dibuat Man United Pasca Kena Hajar Brighton, Ten Hag Wajib Malu!

Minggu, 17 September 2023 14:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Molly Darlington
Ekspresi kecewa Victor Lindelof (kiri) dan Andre Onana (kanan) usai gawang Manchester United dijebol Brighton (16/09/23). (Foto: REUTERS/Molly Darlington) Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Ekspresi kecewa Victor Lindelof (kiri) dan Andre Onana (kanan) usai gawang Manchester United dijebol Brighton (16/09/23). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada lima catatan buruk yang dibuat klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, usai tumbang dari Brighton. Apa saja itu?

Manchester United harus menderita kekalahan di pekan ke-5 Liga Inggris 2023/2024 saat menjamu Brighton di Old Trafford, Sabtu (16/09/23) malam WIB.

Dalam laga tersebut, pasukan Erik ten Hag harus menerima dicukur oleh tamunya dengan skor 1-3, usai Brighton mampu unggul terlebih dulu lewat Danny Wellbeck di paruh pertama.

Di paruh kedua, tim berjuluk The Seagulls itu mampu menambah dua gol lewat Pascal Gross dan Joao Pedro, sebelum akhirnya dibalas oleh Man United lewat Hannibal Mejbri.

Kekalahan di kandang ini menjadi kekalahan ketiga Setan Merah dalam lima laga Liga Inggris 2023/2024, yang membuat posisinya berada di peringkat ke-13 sementara.

Dari kekalahan yang dideritanya tersebut, Manchester United pun membuat lima catatan buruk yang membuat nama Erik ten Hag tercoreng dan menjadi sorotan. Rekor apa saja itu?

1. Rekor Kekalahan sejak 1992

Sejak Liga Inggris bergulir pada tahun 1992 dengan format Premier League, Manchester United menjadi tim tersukses sepanjang sejarah kompetisi.

Kekalahan dari Brighton ini membuat Man United untuk kali pertama dalam sejarah Premier League kalah tiga kali dalam lima laga pembukanya.

Sebelum tumbang dari Brighton, Ten Hag dan Man United harus takluk di pekan kedua kontra Totteham Hotspur (0-2) dan Arsenal di pekan keeempat (1-3).

2. Tak Pernah Menang Lawan Brighton

Bagi Erik ten Hag, kekalahan dari Brighton ini menjadi aib tersendiri baginya sebagai pelatih. Sebab, sejak ia datang ke Inggris dan menukangi Man United, ia tak pernah menang atas The Seagulls di Liga Inggris.

Sejak datang pada awal musim 2022/2023 lalu, Ten Hag sudah berhadapan tiga kali dengan Brighton di Liga Inggris dengan catatan tiga kali kalah, yakni dua kali kalah di kandang dan sekali kalah tandang.

Buruknya catatan Ten Hag ini pun membuat Man United menorehkan rekor buruk yakni kalah secara Back to Back kontra Brighton di kandang pada ajang Liga Inggris.