Liga Inggris

Statistik Busuk Andre Onana Si Kiper Seharga Hampir Rp1 T, Auto Kangen De Gea

Minggu, 17 September 2023 15:15 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© Reuters/Jason Cairnduff
Statistik busuk Andre Onana, kiper seharga hampir Rp1 triliun buat fans klub Liga Inggris (Premier League), Manhcester United, kangen David de Gea. Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Statistik busuk Andre Onana, kiper seharga hampir Rp1 triliun buat fans klub Liga Inggris (Premier League), Manhcester United, kangen David de Gea.

INDOSPORT.COM – Statistik busuk Andre Onana, kiper seharga hampir Rp1 triliun membuat fans klub Liga Inggris (Premier League), Manhcester United, kangen David de Gea.

Manchester United baru saja membeli Andre Onana seharga 47 juta poundsterling atau sekitar 922 miliar rupiah dari Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2023.

Dibelinya kiper berusia 28 tahun itu tak lepas dari keinginan Erik ten Hag untuk memakai kiper yang jago build-up mengingat David de Gea dianggap kurang piawai dalam menjalankan peran penjaga gawang modern.

Dengan gaji yang sangat tinggi dan diperkirakan hanya akan menjadi kiper pelapis saja, Man United akhirnya memilih melepas De Gea setelah kontraknya berakhir pada 30 Juni 2023 lalu.

Harapan besar tentu ada di mata Erik ten Hag mengingat dirinya dan Andre Onana pernah bekerja sama saat masih membela Ajax Amsterdam.

Akan tetapi, kiper asal Kamerun itu malah menjadi bulan-bulanan para penggemar sepak bola setelah statistik menunjukkan bahwa dirinya sudah kebobolan 7 gol dari 10 tembakan tepat sasaran saja. 

Statistik tersebut bertambah buruk ketika pada akhirnya Manchester United total kebobolan 10 gol sejauh ini setelah dibantai Brighton 3-1.

Memang itulah risiko yang harus dihadapi oleh Ten Hag jika ia menginginkan kiper yang lebih jago build-up ketimbang yang mengadalkan refleksnya untuk menyelamatkan bola.

Memiliki kiper yang jago build-up sebetulnya juga tidak ada salahnya apabila lini serang Manchester United bisa mencetak gol.

Sementara itu, lini serang Manchester United juga begitu kacau yang mana Marcus Rashford tampak begitu egois membawa bola sendiri dan memilih shoot tanpa mengumpan ke Rasmus Hojlund atau pemain lainnya.

Maka dari itu, tak heran apabila banyak fans Manchester United atau penggemar bola lainnya yang merindukan sosok David de Gea di klub.